3 Investasi Paling Cocok untuk Anda yang punya anggaran tabungan Rp. 1 Juta Per Bulan!

3 Investasi Paling Cocok untuk Anda yang punya anggaran tabungan Rp. 1 Juta Per Bulan!

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Investasi sejak dini merupakan hal penting yang bisa anda lakukan, dengan tujuan menghindari turunnya nilai uang akibat inflasi. Selain itu, investasi juga akan bisa menjadi bekal pensiun di masa tua nanti. Investasi bisa dilakukan siapa saja, mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga hingga pebisnis ; Asalkan bisa menyisihkan uang bulanan untuk modal investasi, maka setiap orang bisa melakukan investasi.

Nilai dana yang disisihkan dari income bulanan tidak perlu besar untuk bisa melakukan investasi : cukup 1 juta saja anda bisa mulai melakukan sebuah investasi. Walau dengan modal kecil, kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar asalkan investasi yang dilakukan sesuai dan tepat sasaran. Berikut inilah 3 jenis investasi yang cocok bagi anda yang memiliki uang 1 juta per bulan untuk investasi.

Jual Beli Saham

Sebagian orang berpikir Jual Beli Saham hanya bisa dilakukan oleh para pengusaha atau pebisnis. Padahal, jual beli saham tidak mesti menggunakan modal besar. Saat ini, banyak perusahaan melakukan listing sahamnya di bursa saham yang bisa dipilih masyarakat untuk membeli sahamnya dengan hanya Rp 1 juta dalam per bulan atau bahkan mulai dari Rp 100 ribu!

Sebenarnya jual beli saham tidak jauh berbeda dengan jual beli produk pada umumnya. perbedaannya adalah sebelum anda jual beli saham, investor harus membuat rekening efek (RDN) yang bisa dibuat melalui sekuritas seperti JUC sekuritas, Mandiri, BNI, MNC Sekuritas dan lainnya. Bahkan saat ini anda bisa membuat rekening saham secara online, yang bisa mempersingkat waktu dan juga memungkinkan untuk membuat rekening dimanapun dan kapanpun.

Membeli Reksa Dana

Reksa dana bukanlah sebuah jenis investasi yang populer dan banyak dikenal oleh kalangan awam. Reksa dana merupakan jenis investasi dimana dana investornya disetorkan dan dikelola pihak perusahaan pengelola melalui manajer investasi. Biasanya, tiap institusi akan memberikan nominal yang berbeda-beda untuk limit terkecil tabungan reksa dananya namun umumnya nilai setoran awal adalah sebesar Rp.1juta.

Jenis investasi reksa dana yang paling umum adalah reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang serta reksa dana campuran. Dari perbandingan ketiganya, jenis investasi yang paling rendah risikonya adalah jenis reksa dana pasar uang. Namun, keuntungan yang didapatkan pun lebih rendah dibandingkan lainnya. Untuk reksadana pendapatan tetap lebih fokus kepada obligasi milik pemerintah dan swasta, dan sisanya akan diberikan pada instrumen pasar uang. Untuk risiko, investasi reksa dana pendapatan tetap memang tidak terlalu besar namun lebih tinggi dari reksa dana pasar uang.

Reksa dana campuran sendiri itu dibagi beberapa alokasi investasi, dan terbesar umumnya ada pada obligasi dan saham, sedang untuk sisanya alokasi untuk pasar uang. Reksa dana saham adalah reksa dana yang dialokasikan terbesar di bursa saham / ekuitas. Jenis reksa dana saham ini relatif berisiko dibanding lainnya, terutama ketika bursa saham sedang dalam keadaan tidak kondusif namun sebaliknya memberikan imbal hasil terbesar bila bursa saham sedang dalam kondisi bertumbuh kuat.

Dari segi keuntungan reksa dana sahamlah yang paling berfluktuatif dibandingkan yang lainnya, saat kondisi normal normal kadang mencapai kurang lebih 20-an % per tahun. Jika dibandingkan reksa dana pendapatan tetap lebih kurang 14-an % per tahun dan reksa dana pasar uang hanya sekitar 7,5-an % dalam setahun (angka ini bisa berubah sesuai kondisi pasar dan BI rate).

Oleh karena itu, kita mesti jeli dan matang dalam memilih reksa dana sebagai investasi. Reksa dana memiliki pro dan kontra tersendiri. Intinya, semakin besar target return investasi maka akan semakin tinggi resikonya.

Menyimpan Emas

Emas adalah salah satu investasi yang seringkali digunakan oleh masyarakat umum. Emas adalah salah satu investasi yang bisa dilakukan hanya dengan modal Rp 1 juta saja. Masyarakat menganggap bahwa investasi emas adalah investasi yang paling aman dan rendah risiko, meskipun keuntungannya relatif rendah namun tetap menjadi pilihan banyak masyarakat khususnya mahasiswa.

Alasan lain emas menjadi pilihan masyarakat adalah karena harganya yang stabil dan cenderung naik dibandingkan jenis investasi yang lain. Pilihan emasnya pun beragam, dari 1 gram, 5 gram, 25 gram hingga 100 gram, tinggal anda sesuaikan saja dengan dana yang dimiliki.

Itulah 3 jenis investasi yang bisa anda lakukan jika memiliki anggaran tabungan Rp 1 juta dalam sebulan. Investasi seyogyanya dilakukan sejak dini karena banyak faktor termasuk kebutuhan di masa depan yang semakin besar, disamping inflasi yang semakin menghimpit. Pilihlah jenis investasi dari lembaga dan dengan sistem yang benar dan terkontrol dari pemerintah agar bisa terhindar dari kerugian yang tidak perlu.

Jadi, selagi masih muda gunakan uang anda untuk investasi secara cerdas agar hasilnya ke depan semakin meningkat. Selamat Mencoba Berinvestasi!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Surabaya, Seminar Saham -  Sabtu, 23 Maret 2019, jam 13.30-15.30
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!