ELSA 17Okt17

Analisa Harga Saham ELSA hari ini 17Okt17

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kenaikan harga saham ELSA sekitar 47% sejak sebulan terakhir cukup menarik dari sisi teknikal analisis karena menggambarkan sebuah proses reversal yang cukup mendadak, dari titik terendahnya bulan lalu di angka Rp.226 lalu naik ke posisi penutupan di Rp.332 hari ini.

Dari grafik saham tradingAPA, sebenarnya cukup sederhana dan terlihat terjadi sebuah pergerakan besar di tanggal 13 September lalu dimana harga saham ELSA ini bergerak naik lumayan banyak hingga terkena batas Auto reject atas, kenaikan 24,56%. Umumnnya setelah kenaikan harian yang begitu tinggi, trader akan merasa ragu untuk masuk posisi karena faktor resiko.

Nah, dari posisi candlestick yang terbentuk mewakili pergerakan saham hari tersebut, terlihat menembus indikator trend yang tadinya masih dalam posisi merah. Ini yang kita sebut breakout trend saham dan mewakili patahnya posisi trend ke bawah / donwtrend yang sedang berlangsung. Candlestick-nya pada saat breakout berwarna hijau mewakili posisi momentum naik; jadi dari sisi teknikal analisis sudah terjadi konfirmasi ganda maka terdapat potensi kenaikan lanjutan.

Pergerakan kenaikan ini sempat agak tertahan ketika pergerakan harga saham ELSA ini mengalami pullback atau retracement, antara akhir September hingga pertengahan Oktober sebelum melanjutkan trendnya lebih tinggi lagi. Pullback ini terjadi karena adanya aksi profit taking dari sebagian pelaku pasar yang memiliki trading time frame agak pendek, naik lagi / swing pembalikan terjadi karena pelaku pasar yang lebih besar telah melakukan buyback di harga bawah.

Dari reversal ini, di posisi hari ini, kelihatan harga saham ELSA mulai mendekati posisi resistennya di area Rp.350, dari grafik saham terlihat di posisi R1 dan R2, umumnya dan idealnya terjadi resting / konsolidasi saham di area resisten ini sebelum bergerak naik lagi. Untuk trader dengan trading time frame pendek, di sinilah area profit taking untuk kemudian buyback di harga yang lebih baik di bawah, sebaliknya trend trader akan tetap holding mengacu kepada posisi candle yang masih positif (hijau).

Sebagai trader, kita tidak perlu memprediksi, namun semua balik lagi tergantung kekuatan pasar, demand – supply, semisal ternyata saham ini lanjut bergerak naik dan menembus resistennya, maka target trading selanjutnya ada di posisi resisten berikutnya (R3). Trader dengan sistem trading yang baik bisa memberikan sinyal trading buy – sell yang jelas / tegas untuk membantu rencana trading yang lebih terkendali, jauh dari kata ‘kira-kira’.

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA
Salam,

TradingAPA
Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Surabaya, Seminar Saham - Tgl 24 Peb 2018 - jam 13.30 - 15.30
Jadwal Workshop:
Surabaya, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Jadwal menyusul
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!