indeks_harga_saham_gabungan_1Nopember17

Analisa Indeks Harga saham Gabungan (IHSG) 1 Nop 2017

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Indeks Harga saham Gabungan (IHSG) dalam pergerakannya selama sebulan terakhir terus mengalami penguatan dan secara simultan memecah rekor angka tertingginya. IHSG memang sedang dalam posisi bullish dan kembali masuk fase uptrend yang lumayan bagus.

Dalam posisi pergerakan sebelum-sebelumnya, saat breakout dan membuat rekor new high, sering sekali disertai oleh pullback dikarenakan kuatnya aksi profit taking karena sebelumnya sentimen pasar, namun sebulan terakhir ini pergerakan upswing-nya lumayan bertahan / sustainable.

Sementara ini pergerakan indeks masih tertahan di sekitar area resisten di 6.042, semisal kuat dan berhasil breakout dari titik resisten ini maka pergerakan naik akan berpotensi lanjut. Dari sisi downside kita melihat support ada di area 5.969 dan semisal ada pullback, maka indeks akan mencoba menguji area ini.

Dari pergerakan indeks yang kuat ini belakangan terlihat ditopang oleh saham-saham dari sektor perbankan dan pertambangan, yang bisa dilihat dari indeks sektoral seperti Finance dan Mining yang memang dalam posisi strong bullish. Sementara ini potensi penggerak indeks akan tetap di seputar saham-saham ini, jadi untuk trading sementara disarankan lebih mengikuti sentimen pasar.

Kita perhatikan salah satu penggerak dari sektor mining adalah saham BUMI yang terilhat secara analisa teknikal memenuhi kriteria untuk pergerakan bullish; demikian juga saham INDY & ITMG. Dari sektor perbankan kita melihat saham BBCA & BBNI. Tidak tertutup kemungkinan saham-saham lain sektor sejenis berpotensi menyusul, namun sebagai trader saham yang mengandalkan pendekatan teknikal analisis, pengambilan keputusan tetap harus di back-up oleh fakta di grafik saham atau sistem trading yang digunakan.

Di kelompok atau sektor saham yang memang lagi bullish selalu ada saja saham yang dalam posisi trend, pembacaan grafik atau indikator yang berlawanan dengan sektoralnya secara umum; jadi pemilihan saham memegang kunci penting dalam pertumbuhan portfolio saham dari tradernya.

Demikian sekilas analisa singkat dari IHSG, semoga memberikan insight kepada teman-teman trader, ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA
Salam,

TradingAPA
Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Sabtu, 21 Juli 2018, sesi 1 jam 10.00-12.00 atau sesi 2 jam 13.30-15.30
Surabaya, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Jadwal menyusul
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!