IHSG 15Sep17

Analisa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini 15Sept17

Indeks harga saham Gabungan (IHSG) seperti dari postingan sebelumnya, masih dalam posisi sideways dan dalam rentang waktu sejak bulan Mei terlihat membentuk pola Ascending Triangle.

Pola Ascending triangle adalah sebuah pola dalam teknikal analisis yang lebih ke arah bullish / positif, dimana terdapat posisi resisten berupa garis horizontal, dan dibarengi oleh garis support berbentuk garis uptrend.

Saat harga berdekatan dengan area resisten, maka lebih sering terjadi tekanan jual karena pasar modal bereaksi terhadap harga tertinggi sebelumnya, terlihat di grafik saham TradingAPA di atas, awal Juli dan pertengahan Agustus harga membentur sisi resisten dan akhirnya terjadi tekanan jual berakibat harga terkoreksi menuju support di bawahnya.

Untuk support sendiri, terjadi buying action di pertengahan Mei, awal Agustus & awal September , saat harga sempat menyentuh support namun terjadi rebound.

Patokan posisi resisten support ini bukanlah sebuah harga mutlak yang pasti, namun sering digunakan sebagai pedoman price value dari sebuah saham, misalkan umumnya seorang teknikal analis jarang melakukan buy saat harga mendekati resisten, dan buat yang memiliki saham sering melakukan profit taking di area resisten. Pembelian yang relatif baik adalah saat harga berada di sisi support karena inilah berkumpulnya posisi demand.

Saat harga menembus posisi resisten, itulah secara gamblang dikatakan saat demand dalam posisi lebih kuat dibanding supply sehingga harga akan cenderung naik momentumnya. Sebaliknya bila harga nenembus supportnya, maka harga cenderung akan terus turun karena jebolnya pertahanan dari pergerakan saham / instrumen itu.

Dari posisi ini, terlihat resisten IHSG ada di sekitar 5.916 sehingga bila tertembus, potensi indeks ini akan terus melaju ke posisi yang lebih tinggi lagi. Sekiranya IHSG ternyata menembus supportnya, mari lihat ke arah yang lebih positif dimana kita sebagai trader sangat mungkin akan mendapatkan harga yang baik dari saham-saham yang harganya sudah relatif tinggi. Terpenting agar kita bisa memiliki rencana trading yang baik dan exit dengan posisi & timing yang tepat.

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing mengunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA
Salam,

TradingAPA
Coach Aswin

Comments

comments