IHSG 290917

Analisa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini / 28Sep

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

IHSG masih dalam posisi sideways dan masih bergerak mengikuti channel-channel nya. Setelah beberapa terakhir terjadi pullback ke arah support-nya, hari ini kembali terjadi rebound mengikuti pola yang sedang berjalan.

Dari pantauan grafik saham TradingAPA, terlihat posisi channel support dari indikator trend (titik-titik berwarna hijau) lalu rebound. Di grafik saham di atas terlihat posisi-posisi yang kami tandai dimana cukup valid terjadi rebound setiap ada pergerakan mendekati atau secara relatif menembus indikator trend ini.

Posisi support menandakan adanya kekuatan yang menahan agar (harga) indeks ini tidak turun lebih jauh, umumnya dikarenakan adanya pergerakan di pasar modal yang sering melakukan entry atau pembelian, umumnya terhadap saham-saham di harga yang terdiskonto (discounted price).

Bila dari support kita menimbang atau mengantisipasi pola beli di pasar, di sisi lain kita juga melihat kalau IHSG ini bergerak terbatas dan umumnya terjadi koreksi setiap mendekati atau secara relatif menembus resistennya. Dari grafik saham ini, kita juga melihat adanya pola resisten yang kita tandai dengan sebuah garis horizontal, dimana sering terjadi selloff oleh pelaku pasar, terjadi penjualan untuk melakukan profit taking.

Dari IHSG sendiri, kita melihat bagaimana market bergerak terbatas, tidak dalam posisi strong trending, jadi disarankan untuk mengikuti irama pasar yaitu trading jangka pendek, a la hit & run, trading dengan target yang lebih realistis. Saat market seperti ini, trend trader yang lebih banyak holding saham akan banyak mengalami kegagalan trend untuk bertahan dan portfolio akan sulit bertumbuh.

Sektoral juga penting untuk diperhatikan ; sektor Mining sendiri sedang dalam sentimen negatif, jadi rata-rata saham di sektor ini cenderung terkoreksi, sektor properti sendiri juga masih sideways, bergerak volatile dan cenderung terkoreksi. Bila terjadi rebound dalam atmosfir yang downtrend, perlu diperhatikan ada potensi terjadi technical rebound, yang bukan berarti akan terjadi pembalikan arah trend, namun rebound hanya karena pembelian spekulatif di harga murah sehingga terjadi kenaikan temporer.

Dari pantauan / screening grafik saham TradingAPA, sektor yang masih tetap konsisten uptrend adalah sektor Finance, misalkan perbankan, yang mana saham-sahamnya memiliki momentum masih cukup kuat untuk bertahan dan cenderung bergerak ke atas.

Pemilihan saham tentunya mengikuti pola grafik saham masing-masing ; dalam sebuah sektor yang naik, belum tentu semua saham akan bergerak seragam, ada harga saham yang tetap konsisten turun; jadi pemilihan saham yang tepat merupakan kunci keberhasilan. Tetap fokus kepada capital preservation dalam hal berbisnis saham.

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing mengunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA
Salam,

TradingAPA
Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Sabtu, 26 Mei 2018, sesi 1 jam 10.00 - 12.00, atau sesi 2 jam 13.30 - 15.30
Surabaya, Seminar Saham -  Jadwal Menyusul
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Jadwal menyusul
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!