saham GGRM

Analisa pola Head & Shoulders saham GGRM (Gudang Garam)

Berita hangat tentang PT. Gudang Garam Tbk (GGRM) belakangan ini terdengar cukup positif, misal :

1. Kabar Gembira tentang diakuisisinya anak perusahaan PT. Gudang Garam Tbk – http://economy.okezone.com/read/2017/08/07/278/1751514/anak-usaha-diakuisisi-perusahaan-rokok-jepang-kabar-gembira-bagi-gudang-garam , atau

2. Meningkatnya laba PT. Gudang Garam – http://economy.okezone.com/read/2017/07/31/278/1747019/rugi-kurs-turun-laba-gudang-garam-naik-ke-rp2-87-triliun

(Sumber : Okezone) dan hal ini pada umumnya berpotensi mendorong banyak investor mengincar saham unggulan ini.

Di dalam teknikal analisis saham terdapat riset mengenai pola saham dan dari pantauan grafik saham APA, terlihat harga saham GGRM membentuk pola Head & Shoulders (HNS). Pola HNS ini merupakan pola bearish (sentimen negatif) yang biasanya cukup menakutkan buat para analis saham, karena pada saat breakout (menembus) neckline nya, akan terjadi sentimen negatif yang bisa menyebabkan menguatnya tekanan jual sehingga harga saham nya akan bertambah turun.

Pola HNS dari sisi teknikal analisis, bisa dikatakan sebagai patahnya sebuah uptrend yang sedang berjalan, sering digunakan juga oleh pelaku pasar melakukan selloff berbarengan untuk keluar dari posisi portfolio mereka.

Sudut pandang kita sebagai trader idealnya juga fleksibel mengikuti perilaku pasar, saat terjadi tekanan jual yang relatif kuat, kita mesti mengikuti pasar dalam menjual, sebelum pada akhirnya kecantol dan merugi karena bersikeras bertahan dengan harga modal di atas atau malah melakukan aksi beli karena turunnya harga saham.

Dari grafik saham APA sendiri, terlihat posisi harga menembus trend indikator, saat itulah trader semestinya exit posisi, dan terlihat posisi candle trendnya berubah dari hijau ke merah menandakan perubahan momentum pergerakan harga sahamnya. Simple tapi powerful dan yang pasti trader tidak perlu menebak apa yang akan terjadi besok atau di harga berapa saham GGRM akan naik kembali. Indikator dan candle akan memberikan visualisasi yang jelas dan tepat : pergerakan harga dengan candlestick serta di posisi trend yang hijau tentunya memberikan probabilitas yang baik dalam trading kita.

Salah satu yang sering kita garis bawahi di dalam strategi bermain saham adalah sering terjadinya disparitas antara berita, kondisi analisa fundamental dengan kondisi teknikalnya, semisal bisa searah itulah yang terbaik. Jadi trader idealnya juga memiliki kemampuan analisa teknikal yang baik dalam membantu keputusan trading sahamnya.

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing mengunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di https://goo.gl/eZZDx6

Salam,

TradingAPA
Coach Aswin

Comments

comments