ayo-belajar-saham

Belajar saham untuk pemula

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Ada banyak cara bagi pemula yang baru ingin trading saham (sebagian orang menyebutnya: main saham) untuk memulai. Dari yang gratisan yaitu membaca artikel-artikel online di Internet (seperti yang Anda lakukan saat ini :)) , berdiskusi dengan teman-teman sekantor yang sudah lebih dulu terjun di bisnis ini; atau dengan mengeluarkan uang sekian puluh ribu untuk membeli buku-buku seputar trading yang ditulis para professional trader sukses hingga mengikuti seminar/pelatihan/workshop trading saham yang bernilai jutaan rupiah.

Apapun cara yang Anda tempuh untuk belajar, bisa dikatakan bahwa Anda berada pada jalur yang tepat. Kenapa? Karena kenyataannya, banyak orang yang gagal dalam perjalanan tradingnya disebabkan karena dia mulai trading tanpa pernah mempersiapkan dirinya terlebih dahulu. Banyak orang gagal dalam trading karena tidak belajar!

Pendapat bahwa learning by doing is the best teacher dalam dunia trading saham tidaklah selalu tepat. Karena bila Anda salah, Anda harus siap mengorbankan sebagian dana Anda dimakan oleh bursa. Okelah jika Anda hanya rugi sedikit lalu bisa ‘belajar’ dari kesalahan Anda, sayangnya kebanyakan orang justru tidak pernah belajar dan malah mengulangi kesalahan yang sama seperti menambah modalnya atau membeli semakin banyak saat sahamnya turun sehingga terjebak dalam situasi yang semakin tidak menyenangkan.

Kembali kepembahasan soal belajar saham untuk pemula, apabila Anda ingin belajar dari sebuah panduan (katakan saja pelatihan saham yang bernilai beberapa juta Rupiah), maka Anda perlu memastikan bahwa si mentor/trainer siap memberikan kepada Anda beberapa (kalau bisa semua) materi berikut ini:

  • Mengajarkan pentingnya penguasaan psikologi trading, bagaimana market bergerak atas dasar psikologi para pelaku pasar, analisa time-frame, dan menentukan pola trading yang terbaik berdasarkan situasi yang terjadi, kepribadian masing-masing trader, dan profil toleransi resiko yang siap ditanggung.
  • Dasar Analisa yang dipergunakan: apakah Analisa Fundamental, Analisa Teknikal, atau gabungan keduanya. Jika menggunakan salah satu pendekatan saja, sebaiknya pelatih bisa memberikan alasan yang logis mengapa dia memilih pendekatan tersebut. Tidak ada yang salah atau benar!
  • Manajemen resiko atau modal secara professional sehingga dapat memaksimalkan profit dan sambil tetap menjaga resiko agar tidak sampai menghabiskan modal yang dimiliki.
  • Apa itu support dan resisten, apa itu harga mahal dan murah? Dan apa yang sebernarnya menggerakkan harga saham?
  • Bagaimana bursa saham bekerja dalam aspek jual dan beli. Bagaimana mengeksekusi order buy & order sell secara mandiri, trading online dan yang terpenting, otomatis!
  • Identifikasi resiko dan bagaimana menyusuna sebuah trading plan dengan memberikan contoh aturan-aturan yang dianggap baik berdasarkan pengalaman pelatih.
  • Pengantar teknikal analisis dapat diberikan berupa chart pattern (pola grafik saham), candlestick, trend harga saham, hingga penggunaan indikator Fibonacci, Moving Average, divergence, dan masih banyak lagi.
  • Nilai tambah jika disertai pengenalan software trading, indikator, dan teknologi trading yang terbaru yang dapat menghadirkan probabilitas yang lebih baik untuk trader, menunjukkan bahwa mentor Anda cukup uptodate mengikuti perkembangan Sistem Informasi.

Anda bisa saja mempelajari semuanya ini secara mandiri atau bergabung dalam berbagai program pelatihan yang sudah sangat banyak tersedia, diantaranya Workshop Saham Untuk Pemula yang diselenggarakan oleh Komunitas Alpha Trading. Silahkan hubungi kami di nomor telepon (WA) 082213090099 , BBM PIN : TRADEAPA atau e-mail aswin@alphatrader.org untuk mengetahui jadwal pelatihan terdekat di kota Anda.

Selalu Semangat dan Salam Sukses!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Surabaya , jadwal menyusul