Trader Pro vs Amatir

Cara Bermain Saham : Tale of two traders

Kita banyak mendengar bagaimana cara bermain saham sebagian trader yang dapat menghasilkan profit begitu hebat dalam portofolio trading mereka, namun sebagian lagi mengalami kerugian yang tidak kecil bahkan ada yang bangkrut. Memang menyebalkan kalau kalah dalam trading, namun dibalik banyak opini skeptis, pasti ada trader yang selalu bisa menghasilkan, apa sih rahasia cara bermain saham mereka?

Trading atau investasi saham dikatakan sebagai “Zero Sum Game” : Keuntungan disatu sisi bisa menjadi kerugian di sisi lainnya dalam portofolio trading. Disatu pihak ada yang profit konsisten dan sebaliknya, ada saja yang merugi konsisten. Bagaimana perbedaan cara bermain saham kedua kelompok ini (kita sebuat Trader Pro vs. Trader Amatir)?

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi dan membedakan cara bermain saham antara Pro dan Amatir:

  1. Rencana Trading

Trader Pro memiliki cara bermain saham dengan rencana trading yang jelas, selalu memiliki alasan yang solid, baik saat dalam penentuan saham, harga entry maupun exitnya dan pastinya memegang kendali keuangan mereka; sedangkan cara bermain saham trader Amatir umumnya tidak memiliki rencana yang terukur, cara bermain saham mereka banyak mengikuti perasaan, berita, rumor dan rata-rata hanya menjadi pengikut (herd).

  1. Money Management

Cara bermain saham Trader Pro dalam portofolio trading sangat mementingkan trade sizing mereka; walau merasa probabilitas menang sebuah saham sangat tinggi sekalipun, tetap disiplin masuk di porsi yang sudah direncanakan; seorang Amatir sering melakukan kesalahan dalam bermain saham yang fatal dalam besaran entry sebuah saham, mereka saat bermain saham banyak dipengaruhi keserakahan dan ketakutan (Greed & Fear), terlalu sedikit atau terlalu banyak posisi adalah masalah permanen mereka.

  1. Trading System

Cara bermain saham Trader Pro pasti memiliki sebuah trading system yang mumpuni, yang sudah terbukti menghasilkan melalui sebuah backtest dalam kondisi market terburuk sekalipun dalam portofolio tradingnya. Jarang ditemukan seorang Trader Amatir bermain saham mengunakan trading system yang baik, ataupun kalaupun ada, disiplinnya tidak ketat.

  1. Mindset

Trader Pro selalu bersikap rendah hati, terbuka untuk perubahan, mempelajari setiap cutloss sebagai sebuah pengalaman berharga, sering melakukan diskusi dengan teman trader atau mentor sebagai bagian perjalanan trading mereka : pola pikir mereka adalah bisnis. Trader Amatir selalu menyalahkan kondisi pasar, sering mengeluh dan selalu menganggap cara bermain saham merekalah yang terbaik. Pola pikir lebih mengacu ke bagaimana mendapatkan kekayaan secepat-cepatnya (jackpot).

“Belajar & Riset adalah bagian dari proses bertumbuh dalam bisnis trading”

  1. Riset

Trader Pro sering mempelajari bagaimana setup sebuah saham yang menghasilkan profit raksasa serta bagaimana pola kejatuhan sebuah saham, tujuannya meriset ini untuk mengantisipasi pola sama di saham-saham lain. Trader Amatir lebih mengandalkan pendapat pihak ketiga, sering melakukan kesalahan berulang karena sumber info / input yang sama. Mereka sering tidak memiliki kendali terhadap cara bermain saham mereka sendiri.

Inilah 5 faktor yang memang jarang diperhatikan seorang trader, yang bahkan bisa membuat perbedaan antara seorang itu trader atau gambler (penjudi). Nah, tinggal bagaimana seorang trader itu memposisikan diri mereka. Berhentilah berangan-angan soal Financial Freedom, mulailah bertindak, ini bisnis luar biasa, mari kita jalankan dengan effort yang benar..

Salam dari TradingAPA

Comments

comments