Tips_cara_memulai_investasi_saham_untuk_pemula

Cara Memulai Trading Saham Untuk Pemula

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Investasi saham belakangan ini mendapat perhatian banyak kalangan terutama dari para mahasiswa, ibu rumah tangga, pensiunan hingga pelaku bisnis. Hal ini terkait sosialisasi dan kampanye dengan tajuk “Yuk nabung saham” yang diselenggarakan jaringan Bursa Efek Indonesia. Sosialisasi ini banyak memberikan perspektif dan edukasi saham  kepada masyarakat awam agar mengerti pentingnya arti investasi di pasar modal, sembari membantu mengingatkan berbahayanya berbagai investasi bodong yang makin banyak beredar di masyarakat.

Untuk para pemula yang masih belajar apa itu saham atau belum mengerti cara beli saham, berikut kami sharingkan langkah2 , tips trading dan apa saja yang diperlukan untuk untuk memulai investasi saham :

  1. Kenali instrumen pasar modal berikut saham-sahamnya

Langkah pertama untuk memulai investasi saham adalah mengenal pasar modal, definisi kepemilikan saham dan kaitannya misal hak atas deviden termasuk resiko investasi. Begitu juga dengan regulasi, tata cara dan legalitas dari bursa efek, dalam hal ini adalah Bursa Efek Indonesia; kita perlu mengenal peraturannya termasuk misalkan sistem fraksi, auto reject, aksi korporasi seperti stock split, right issue dan lainya agar siap terjun ke pasar modal. Hal penting lainnya adalah prosedur transaksi saham termasuk Rekening Dana Nasabah (Investor) serta peran otoritas lain seperti KSEI & KPEI untuk tujuan perlindungan investor.

  1. Memilih Sekuritas Saham

Pemilihan sekuritas saham adalah langkah berikutnya, penting agar kita mengenal perusahaan sekuritasnya, skala misalkan permodalannya, registrasi nama perusahaan sekuritas di website BEI serta reputasi dan popularitas perusahaan tersebut. Tidak kalah penting adalah kita mengenal fitur-fiturnya, karena outlook ke depannya akan mengarah ke sistem Online trading serta Automatic trading setup. Untuk yang tidak menggunakan fitur Online, sebaiknya mencari tahu kompetensi broker atau analis karena prakteknya, sering banyak investor yang melakukan konsultasi dengan mereka saat mengambil keputusan pemilihan saham.

  1. Membuka rekening saham dan RDN

Untuk bertransaksi saham, investor perlu memiliki sebuah rekening saham, jadi setelah memilih sekuritas yang cocok, investor memulai proses pembukaan rekening saham berikut Rekening Dana Nasabah (RDN). Proses pembukaan rekening ini umumnya sekitar 5 hari kerja dan info siapnya rekening ini umumnya melalui telepon atau e-mail ke investor bersangkutan.

  1. Melakukan transfer / pendanaan ke RDN

Setelah menyiapkan dana untuk investasi, investor berikutnya melakukan transfer ke rekening RDN miliknya untuk bisa memulai investasi saham. Dana investasi ini dipersiapkan untuk jangka waktu tertentu, idealnya memang untuk investasi, dana dingin / nganggur dan tidak untuk alokasi lainnya karena investasi peru waktu untuk bisa bertumbuh.

  1. Tentukan Orientasi investasi dan sesuaikan pendekatan untuk pemilihan saham

Orientasi investasi bisa beragam, mulai dari jangka pendek untuk menghasilkan cashflow hingga untuk rencana investasi jangka panjang. Berbeda orientasi ini, berbeda pula pendekatan dalam pemilihan sahamnya, ada pendekatan analisa Fundamental  ada juga pendekatan analisa Teknikal. Sesuaikan dua faktor ini untuk memaksimalkan pertumbuhan portfolio saham dari investor.

  1. Menyiapkan rencana Trading dan manajemen keuangan yang baik

Rencana trading adalah sebuah patokan angka / level beli dan jual. Seorang investor yang baik mesti memiliki perencanaan yang baik dalam hal ini karena tidak ingin sampai terjerumus ke arah yang salah dalam berinvestasi. Untuk itu perlu juga sebuah rencana stoploss untuk mematok kapan sebuah investasi itu disebut salah dan mesti keluar dari posisi kepemilikan saham. Pembagian posisi saham (sizing saham) juga penting karena investor pintar tidak melakukan investasi ke dalam 1 saham tertentu saja ; hal ini juga berkaitan dengan manajemen resiko yang diterapkan.

  1. Manfaatkan sistem dan komunitas trading

Bergabunglah dalam komunitas trader dan gunakan sistem untuk memberikan arahan kepada anda dan mengurangi bias berita atau informasi seputar saham yang belum tentu dapat dipertanggung-jawabkan kebenarannya. APA Trading System adalah software grafik saham yang dibuat dengan memanfaatkan pendekatan teknikal analisis yang sudah diuji dan disederhanakan sedemikian rupa sehingga dapat dipergunakan oleh para trader pemula maupun trader yang telah berpengalaman. Dengan bergabung dengan komunitas Alpha Trading Group banyak trader pemula yang sekarang bisa trading dan menghasilkan profit konsisten karena metode “sharing is caring”.

Langkah-langkah ini merupakan awal yang baik anda para pemula. Demikian tips cara memulai trading saham ala Alpha Trading Group. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa Share dan Like social media kami untuk tips trading lainnya.

Salam,

Aswin.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Sabtu, 22 Sept 2018, sesi 1 jam 10.00 - 12.00 atau sesi 2 jam 13.30 - 15.30
Surabaya, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Jadwal menyusul
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!