Blueprint investasi saham

Cetak biru untuk sukses dalam investasi saham

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Banyak sekali investor dan trader saham yang memulai perjalanan investasi sahamnya dengan pijakan yang salah, dari awalnya ingin menghasilkan sebuah pertumbuhan dan profit yang sudah terbayang jauh sebelum memulai, hingga akhirnya mengalami frustasi setelah menjalani kondisi pasar yang kurang kondusif, timing yang salah atau pendekatan yang tidak sesuai.

Pada kenyataannya, banyak juga yang terlalu fokus kepada hal-hal yang terlalu detail seperti analisa fundamental ataupun analisa teknikal, mereka tidak melihat gambar besar dari bisnis trading saham ini. Sukses dalan investasi saham mencakup banyak hal, dan berikut adalah blue-print dari sebuah sukses investasi / trading :

  1. Self Analysis :

– Bagaimana perspektif kita terhadap resiko dan manajemennya?

– Besarnya target pertumbuhan yang diinginkan

– Penyesuaian time frame trading yang nyaman untuk waktu dan fokus serta energi yang bisa diluangkan

  1. Metode: Seberapa nyaman kita terhadap style atau time frame (& skill) yang kita terapkan : scalper, day trader, swing trader, trend trader atau investor jangka panjang?
  2. Analisa Metode : Pemahaman pengunaan metode yang digunakan mengacu kepada time frame yang sudah ditentukan, pemanfaatan backtesting sistem seperti pengujian hasil masa lalu untuk mengetahui efektivitas metode kita dengan tujuan meningkatkan probabilitas di masa mendatang
  3. Pemilihan target pertumbuhan : Semakin besar target pertumbuhan yang diinginkan, akan sejalan dengan drawdown (penurunan posisi portfolio secara agregat) yang dihadapi. Bila kita tidak memiliki sebuah target jelas, akan sangat sulit melakukan strukturisasi dan perencanaan untuk menggapai pertumbuhan tersebut
  4. Persiapan trading : Siapkan rencana trading untuk mendukung strategi investasi serta target pertumbuhan yang sudah direncanakan, di sini mencakup entry, exit, position sizing (besarnya posisi entry sebuah saham, dari manajemen keuangan saham ) serta target profit yang logis. Hal ini akan membantu sekali agar kita mencapai pertumbuhan yang diinginkan serta siap dalam menghadapi kemungkinan drawdown yang dalam.
  5. Eksekusi planning dengan baik : Tentukan semua rencana setiap sebelum melakukan aksi beli atau jual. Disiplinlah melakukan PR kita dan ikuti sistem trading dengan panduan entry exit yang sudah terperinci dengan jelas sesuai rencana trading : inilah kunci sukses yang penting dalam sukses trading saham.
  6. Proteksi modal : Tugas utama dari seorang investor atau trader adalah melindungi modal, bukan sekedar menghasilkan keuntungan. Tidak ada gunanya apabila kita bisa menghasilkan 100 dalam 10 trade namun hilang 70 dalam dua trade berikutnya. Position sizing harus memastikan tidak adanya kerugian besar dalam setiap entry di counter saham apabila pergerakan harga saham berbalik dari harapan kita. Posisi stoploss kita haruslah memastikan pembatasan kerugian apabila sebuah posisi entry saham itu ternyata salah.
  7. Tekun dan fleksibel: Selalu sesuaikan ritme trading dengan arah pasar, tidak ada kata pasti dan stabil dalam sebuah bursa saham atau pasar modal, kita lah yang harus menjalani kedisiplinan ini dan selalu tekun mempelajari sentimen serta perilaku pasar; ini agar kita bisa survive dan menghasilkan secara konsisten dalam investasi saham ini. Ketahui kapan harus agresif, namun terpenting harus tahu kapan harus bertindak konservatif.

Di TradingAPA, kami selalu memberikan input-input terbaik untuk membimbing trader ke arah bisnis trading yang lebih baik dan terkendali, terutama buat teman trader yang ingin memotong jalur learning curve lebih pendek. Bursa saham memberikan sebuah business opportunity yang luar biasa, jauh dari kompleksitas sebuah bisnis riil. Namun ada hal-hal yang penting dipelajari untuk bisa menghasilkan di bursa saham.

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA

Salam,

TradingAPA

Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Surabaya, Seminar Saham -  Jadwal Menyusul
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Jadwal menyusul
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!