Faltor Sukses trading saham

Faktor penting penentu sukses dalam investasi atau bermain saham (Part 3)

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dari dua materi sebelumnya mengenai faktor penting untuk sukses dalam bisnis / bermain saham, telah di sharingkan mengenai Manajemen keuangan saham, metode dan mindset. Dalam kesempatan ini akan disharingkan dua faktor lain yaitu Maturity dan Mentorship / Komunitas

Maturity

Skill dan konsistensi seorang trader, selalu terkait dengan kematangan tradernya, jam terbang serta keaktifan tradingnya. Panjang learning curve seorang trader itu relatif , sebagian perlu waktu bertahun-tahun, ada yang bisa konsisten dalam 6 bulan. Kembali ke ketajaman dan intuisi tradernya. Kemauan untuk menggali serta riset yang dilakukan. Sayangnya banyak sekali trader atau investor saham, yang ingin menghasilkan namun tidak mau repot mengerjakan PR. Inilah alasan kenapa begitu banyak investor yang akhirnya ‘dikadali’ oleh investasi2 bodong ataupun pelaku2 dalam bisnis investasi yang tidak bertanggung jawab.

Saat menjalankan bisnis riil, seorang pelaku bisnis bisa berusaha bertahan (di awal usaha) hingga beberapa tahun dengan sebutan learning curve. Namun saat berinvestasi lebih cenderung menggunakan faktor emosional dan mengharapkan pengembalian investasi dengan ekspektasi berlebihan. Inilah yang kami sebut trader tidak memiliki maturity yang matang alias karbitan.

Para trader yang menggunakan sebuah sistem walau pada suatu saat mulai memperlihat hasil investasi saham yang positif, sering terus berusaha mencari sebuah kesempurnaan dengan mencoba menggabungkan berbagai elemen, dan pada akhirnya mendapatkan sebuah kemunduran. Ini kita sebut proses mencari sebuah balance antara sistem dengan sebuah kenyamanan trading style masing-masing. Proses ini perlu waktu hingga pada akhirnya trader saham atau investor saham menemukan sebuah sistem, perpaduan antara trading tools dengan style pribadinya, yang bila dijalankan secara konsisten dan serius, akan membawa sebuah hasil investasi positif yang berkesinambungan dan konsisten pula.

Kematangan trader meningkat dengan pengalaman trading, dengan banyaknya entry exit serta bergeraknya portfolio di berbagai kondisi pasar. Bullish maupun bearish. Saat bullish akan terlihat pertumbuhan di portofolio saham, bila tidak ini mengartikan ada yang salah dalam pemilihan saham, manajemen keuangan saham, manajemen resiko ataupun mindset trading. Saat bearish, akan banyak cutloss yang terjadi karena trend saham dan pergerakan negatif. Untuk itu perlu sebuah indikator yang membatasi entry saham yang tidak perlu. Mindset untuk mengerem diri dalam trading, tahu kapan tidak boleh agresif  alias trading cara konservatif , akan mempengaruhi pertumbuhan secara keseluruhan

Mentor / komunitas

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh seorang trader adalah mencari banyak input berharga dari mentor saham atau komunitas yang baik, eksklusif dan terbukti. Disini agar ada sebuah channel dimana trader tidak perlu belajar dengan cara menyakitkan, waktu yang panjang dan lebih to the point ke solusi.

Mentor saham adalah salah satu faktor penting dalam belajar trading karena mentor adalah ‘tempat curhat’ atau ‘perpustakaan hidup’ yang banyak menampung masukan dari kesalahan berbagai trader. Mentor yang baik bisa memberikan masukan yang tepat sasaran, agar trader tidak perlu melakukan kesalahan konyol yang terjadi pada trader lainnya.

Analogi mentor ini kita contohkan dalam sebuah flight, kita tahu kalau ada Pilot & ko-pilot. Pilot umumnya seorang kapten dengan pengalaman tinggi untuk mendidik anak asuhnya (ko-pilot) dalam menjalankan semua keputusan dalam sebuah flight. Ingat kesalahan bisa dibayar dengan sangat mahal.

Komunitas saham juga penting karena dengan komunitas  inilah banyak yang bisa saling berbagi. Namun untuk hal komunitas, mesti sangat selektif karena banyaknya komunitas yang tidak mutu, sering memberikan mis-informasi seperti rumor dan isu yang tidak jelas.

Mengetahui mentor saham yang tepat dan bisa membimbing dengan benar, juga memerlukan sebuah proses. Sering kejadian ada mentor saham yang mempu menghasilkan relatif baik di portfolionya, namun tidak mampu untuk menghasilkan member atau komunitasnya menuju sebuah sukses. Mentor adalah tempat berbagi, konsultasi serta seorang role model yang mestinya bisa mengarahkan dengan baik dan terpenting adalah objektif, bukan memberikan harapan yang ‘disesuaikan’ dengan maunya trader itu sendiri.

Di TradingAPA, kami selalu memberikan input-input terbaik untuk membimbing trader ke arah bisnis trading yang lebih baik dan terkendali, terutama buat teman trader yang ingin memotong jalur leaning curve lebih pendek. Bursa saham memberikan sebuah business opportunity yang luar biasa, jauh dari kompleksitas sebuah bisnis riil. Namun ada hal-hal yang penting dipelajari untuk bisa menghasilkan di bursa saham.

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://www.tradingapa.com/ atau http://bit.ly/asktradingAPA

TradingAPA

Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Surabaya, Seminar Saham -  Jadwal Menyusul
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Jadwal menyusul
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!