Sukses bermain saham

Faktor penting untuk sukses dalam bisnis atau bermain saham (Part 1)

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dalam bisnis trading saham atau umumnya lebih dikenal dengan bermain saham, terdapat pendekatan bisnis maupun non-bisnis. Pendekatan bisnis mengharuskan setiap trader untuk memiliki beberapa set rule atau aturan bermain saham / bisnis saham, berbeda dari sudut pandang seorang spekulan yang lebih ke arah gambling. Beberapa faktor inilah yang merupakan kunci penting dalam keberhasilan seorang trader saham.

Di dalam bisnis saham, set rule atau aturan bermain saham ini terdiri dari :

  1. Manajemen Keuangan Saham / Manajemen Resiko
  2. Metode
  3. Mindset
  4. Maturity / Pengalaman
  5. Mentorship / Komunitas

Mari kita lihat detail dari beberapa aturan bermain saham ini :

Manajemen Keuangan Saham / Manajemen Resiko

Manajemen Keuangan Saham adalah  proses untuk mengidentifikasi resiko dan kemudian membatasi resiko tersebut pada saat memegang posisi trading saham. Manajemen Keuangan berusaha melindungi  modal Anda dari kerugian yang besar atau terus-menerus sehingga Anda tetap bisa trading.

Manajemen Keuangan berkaitan dengan seberapa besar modal yang kita resikokan setiap transaksi, penetapan rencana trading yakni beli di berapa dan jual di berapa. Jual dalam hal ini bisa dalam posisi untung atau merugi.

Manajemen Keuangan memastikan Anda tidak  dalam posisi trading  secara berlebihan yang dapat membahayakan posisi modal Anda. Sebaliknya, Manajemen Keuangan memastikan Anda tidak trading terlalu sedikit saat ada peluang yang bagus. Jadi semua dibuatkan sebuah konsep, sebuah besaran yang nyaman buat masing-masing trader.

Contoh Manajemen Keuangan yang sederhana adalah dengan dibaginya porsi trading yang rata dari modal, contohkan dibagi 5 porsi, maka modal dengan Rp.50jt kita masuk posisi 5 saham berbeda (untuk diversifikasi) dengan besaran tetap @Rp10jt.

Pembagian ini berkaitan dengan faktor resiko. Sebutlah kita membuat trading plan dengan maksimal cutloss 5%, maka setiap posisi harga saham turun 5% dari harga beli, kita melakukan penutupan posisi dengan tujuan membatasi kerugian, dan untuk posisi terkait (Rp.10jt) maka resiko per trade kita adalah @Rp.500rb atau sekitar 1% dari total modal. Sekiranya kita salah dalam ke-lima posisi / porsi, modal kita maksimal tergerus 5% bukan?

Dengan sebuah konsep kerja demikian, kita akan jauh lebih terproteksi dalam hal resiko bisnis saham ini. Dengan patokan resiko maks 5%, idealnya pada saat profit kita bisa mempertahankan profit ini sebesar-besarnya, dengan acuan minimal profit taking di angka 10-15% agar profit bisa lebih besar daripada cutloss, sebuah konsep bisnis, dimana besar penerimaan daripada pengeluaran (cutloss dianggap biaya bisnis) ; betul kan ini yang kita tahu mengenai konsep bisnis?

Manajemen Keuangan Saham ini salah satu kunci survival dalam bisnis trading karena tugas trader utama adalah mengatur strategi defense agar tidak mengalami bencana finansiil karena sebuah kesalahan yang tidak bisa diperhitungkan. Bisnis selalu dijalankan dengan penuh perhitungan, sayangnya saat berhubungan dengan investasi saham, banyak yang melenceng dan akhirnya kendor tidak lagi disiplin dalam penerapan Manajemen Keuangan Saham; hal ini umumnya karena sulitnya kontrol greed & fear saat trading.

Kesimpulan berkaitan dengan bahasan artikel ini adalah, seorang trader yang sukses, selalu bisa secara ketat dan disiplin mengatur manajemen keuangannya, tidak dipengaruhi bias Greed / Fear dalam menentukan besaran entry posisinya. Layaknya seorang pebisnis handal yang selalu waspada dan ketat dalam mengontrol jalannya bisnis dalam kelolaannya.

Demikian sharing kami untuk seri Faktor penentu dalam sukses bisnis trading, faktor-faktor lainnya akan kami sharingkan di artikel-artikel berikutnya.Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA

Salam,

TradingAPA

Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Surabaya, Preview - Jadwal menyusul Jakarta, Preview - Jadwal menyusul
Jadwal Workshop:
Surabaya, Workshop - Jadwal menyusul                 Jakarta, Workshop - Jadwal menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Surabaya, jadwal menyusul