Faktor penting sukses dalam investasi saham

Faktor penting untuk sukses dalam investasi atau bermain saham (Part 2)

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dari materi sebelumnya mengenai faktor penting untuk sukses dalam bisnis atau bermain saham yang lalu, telah di sharingkan mengenai Manajemen keuangan saham. Dalam kesempatan ini akan disharingkan dua faktor lainnya yakni Metode dan Mindset.

Metode

Metode masuk dalam prioritas berikut dalam faktor trading. Metode dalam trading sangat beragam, selain itu, pendekatan juga banyak namun dikategorikan pendekatan fundamental dan pendekatan teknikal

Dalam menganalisa saham, para analis fundamental akan melihat laporan keuangan. Dengan melihat balance sheet, cash flow statement dan income statement, para analis fundamental berusaha untuk menentukan nilai dari perusahaan atau disebut nilai intrinsik dan membandingkannya dengan harga saham untuk menentukan apakah suatu saham over-valued atau under-valued. Selain melihat dari laporan keuangan, para analis fundamental juga melakukan analisa terhadap ekonomi secara keseluruhan dan juga analisa industri di mana saham tersebut berada.

Analisa teknikal adalah metode menganalisa pergerakan harga dengan melihat data yang dihasilkan oleh pasar saja. Data utama yang dilihat adalah harga suatu produk, selain itu volume dan open interest (untuk pasar options). Para analis teknikal tidak menghitung nilai intrinsik suatu produk, tapi menggunakan chart dan alat-alat lain (seperti indicator, oscillator) untuk mengidentifikasi suatu pattern/pola untuk memprediksi harga saham di masa mendatang.

Analisa Fundamental dan analisa teknikal sebenarnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk menganalisa bagaimana nantinya pergerakan harga. Namun keduanya mempunyai dasar analisa yang berbeda, analisa fundamental mempelajari apa yang menyebabkan pergerakan harga pasar, sedangkan analisa teknikal mempelajari efeknya. Perbedaan yang mendasar ini menimbulkan konflik, manakah di atara keduanya yang lebih unggul, namun terbaik adalah bisa memanfaatkan keduanya.

Mindset

Banyak orang meremehkan pentingnya mindset dalam trading. Mereka justru berusaha mencari “Holy Grail”; sebuah sistem atau indikator yang 100% profit dari awal hingga akhir penggunaan. Namun, apakah mereka berhasil menemukannya ? Coba tanyakan kepada teman-teman trader Anda. Sementara untuk mindset, apabila seorang trader saham memiliki mindset yang tepat, maka berpeluang dapat menghasilkan profit  konsisten.

Trader memang harus memiliki mindset yang stabil dan benar. Mindset bisnis sangatlah berbeda dengan mindset seorang spekulan. Mindset bisnis lebih ke arah mencari konsistensi pertumbuhan searah berjalan dengan waktu. Sama ketika kita menjalankan bisnis atau bertani, perlu waktu untuk tumbuh kembang, dan di perjalanan ini tentu ada masa-masa rame atau sepi (dua musim). Untuk itulah perlu sebuah strategi bermain saham yang berbeda dalam menghadapi kedua musim ini : Ofensif atau Defensif.

Hal berbeda ketika kita melihat pola pikir spekulan. Mindset mereka mencari profit sebesar-besarnya dalam waktu sesingkat-singkatnya; untuk itulah mereka lebih cenderung mencari trade-trade yang bersifat volatile, bergerak cepat dan lebih mengesampingkan faktor resiko. Intinya selalu mencari jalur pintas, lebih ke arah gambling untuk kaya cepat dari satu kali trade.

Mindset ini juga bertumbuh dengan sejalan waktu, dimana banyak dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan menjadi sebuah tolok ukur membentuk mindset terhadap seorang trader. Ada pula trader yang mindsetnya terbentuk dari karakternya, sebutlah seorang yang memang berjiwa gambler, maka akan sulit merubah pola ini di tradingnya.

Inti dari bentukan mindset adalah selalu belajar dari kondisi market dan sifat unik dari setiap outcome trading. Seorang trader selalu bersifat fleksibel mengikuti pola pasar, mengikuti sentimen pasar lalu mengikuti secara luwes untuk mengambil keuntungan dari pergerakan pasar modal. Trader yang kaku dan bersifat idealis, akan lebih cenderung menjadi korban, karena pasar selalu berubah, dinamis dan tidak bisa / mau diprediksi. Ingat di pasar modal terjadi interaksi Big Boys vs retail. Retail yang luwes akan lebih bisa bertahan.

Berlanjut ke Part 3 …..

Di TradingAPA, kami selalu memberikan input-input terbaik untuk membimbing trader ke arah bisnis trading yang lebih baik dan terkendali, terutama buat teman trader yang ingin memotong jalur learning curve lebih pendek. Bursa saham memberikan sebuah business opportunity yang luar biasa, jauh dari kompleksitas sebuah bisnis riil. Namun ada hal-hal yang penting dipelajari untuk bisa menghasilkan di bursa saham.

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA

Salam,

TradingAPA

Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Surabaya, Seminar Saham -  Jadwal Menyusul
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Jadwal menyusul
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!