Indeks Mining 160517

Harga Saham dan indeks Mining IHSG 16 Mei 2017

Rontoknya harga saham-saham mining seperti ITMG, PTBA, ADRO dan sejenisnya terlihat dari posisi indeks Mining yang mewakili sektor ini. Bisa terjadi berbagai hal yang menyebabkan turunnya harga saham ini sebegitu drastisnya, mulai dari faktor harga komoditas, faktor news ataupun keterkaitan Geopolitik hingga outlook ekonomi yang memperngaruhi sentimen atau demand terhadap komoditas terutama Coal (batubara).

Terlihat indeks ini menguat dengan cepat saat terjadi breakout terhadap sideways positionnya di pertengahan Maret, dari sisi technicals di chart APA, secara sederhana bisa diketahui bagaimana posisi candlesticknya relatif terhadap kekuatan atau momentum pergerakan indeks saham- saham mining.

Momentum kenaikan ditandai oleh perubahan candlestick dari merah ke hijau dan bila sebaliknya itu menandakan kondisi negatif.

“INDEKS BUKANLAH SEBUAH PEDOMAN YANG BISA MENGGERAKKAN HARGA SAHAMNYA, NAMUN SAHAM LAH YANG MENGGERAKKAN INDEKS”

– sangat setuju dengan motto ini, namun dengan mengetahui posisi indeks, kita bisa menempatkan posisi trading kita menuju atau menghindari sebuah sektor atas dasar sentimen yang sedang terjadi, dan dengan begitu bisa memaksimalkan posisi trading kita di arus yang kondusif.

Sederhananya dalam posisi sekarang ini, trader APA menunggu terjadinya reversal signal (candlestick), dan mestinya bisa mendapatkan discounted price yang cukup baik.

Demikian sekilas ulasan singkat, semoga membantu

Mari menuju trading yang lebih baik

Salam dari TradingAPA

Comments

comments