IHSG 110817

IHSG HARI INI (INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN) DAN OUTLOOK BURSA SAHAM 14 AGUSTUS 2017

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sebulan terakhir sejak Juli 2017 mengalami stagnan setelah breakout nilai tertingginya di 5910. Dari grafik saham terlihat posisi pergerakannya sideways dengan rentang antara sekitar area 5.750 – 5850.

Pergerakan ini banyak digerakkan oleh harga saham Big Cap dan dalam 1-2 minggu terakhir beberapa dari saham Big Cap ini mengalami koreksi yang lumayan dalam. Sebut harga saham PT. ASTRA INTERNATIONAL Tbk (ASII) yang turun sekitar 10%-an, harga saham PT. GUDANG GARAM Tbk (GGRM) yang terkoreksi sekitar 13%-an atau juga saham PT. BUMI RESOURCES Tbk (BUMI) yang cukup aktif diperdagangkan di bursa saham, juga terkoreksi sekitar 20%-an.

Sektor yang sementara ini bergerak lumayan positif yaitu dari sektor Mining juga sudah mengalami kenaikan yang lumayan signifikan, jadi resting atau pullback mencerminkan kondisi market yang sehat, sekalian bisa memberikan sebuah kesempatan beli yang lebih baik.

Tekanan harga saham-saham ini jelas memberikan sentimen negatif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan dari grafik saham / chart APA terlihat posisi candlestick di IHSG ini mulai dominan merah menandakan adanya momentum turun, dari posisi indikator trend, posisi IHSG ini berada di support area sekitar 5.749.

Posisi di support area ini bila tertembus, ada potensi terjadi penurunan yang lebih dalam dari indeks IHSG ini, sebaliknya bila ada rebound yang biasanya ditandai candlestick berwarna hijau, maka akan ada potensi upswing balik ke arah resistennya (R); ingat posisi sideways sedang membentuk sebuak kanal (channel) di pergerakan harganya.

Dari pergerakan indeks IHSG ini, trader bisa memutuskan posisi outlooknya sendiri dalam melakukan rencana trading ataupun menerapkan strategi bermain sahamnya, terutama dari sisi defense.

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing mengunakan analisa teknikal, sehingga trading saham tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di https://goo.gl/eZZDx6

Salam,

TradingAPA
Coach Aswin

Comments

comments