IHSG 15Nop16

IHSG HARI INI (INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN) DAN OUTLOOK PASAR MODAL 15 NOPEMBER 2016

IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) mengalami pukulan telak dan terkoreksi cukup tajam dalam dua hari trading terakhir. Penutupan posisi candle terakhir di posisi 5.115 dengan low di angka 5.043 ; Angka psikologis di 5.000 masih bertahan, namun dari chart terlihat posisi support terdekat ada di area 4.971

Dalam posisi penutupan tgl 14 Nopember 2016 dalam pantauan APA Trading System, di candlestick terlihat adanya resistensi lower shadow (candlestick merah menandakan momentum turun); ada potensi rebound kecil bila memang sedianya akan berlanjut ke area support tadi, namun berhati2 rebound ini kemungkinan pendek dan tidak sustainable. Pola triple top sudah terlihat di resistensi area saat berusaha break high.

Volume transaksi terutama net sell asing, menunjukkan banyaknya outflow dari sektor perbankan (dan properti) yang memberatkan IHSG ke bawah; Sektor yang masih jadi unggulan dan tetap kuat bertahan sementara masih di Mining, sedang sektor Agri masih spekulatif.

Trading tetap bisa dilakukan dengan strategi hit & run, dengan grafik saham menggunakan time frame kecil untuk tujuan trading jangka pendek. Kondisi sementara agak berat untuk menjalankan trend trading, swing trading merupakan strategi bermain saham yang jauh lebih efektif. Sudah siapkah Anda dengan rencana trading yang defensif dalam masa seperti ini?

Fundamental analysis memberikan kita outlook dalam pemilihan saham yang baik namun bila dalam saat-saat seperti ini, teknikal analisis menjadi prioritas karena masalah timing.

Di dalam setiap krisis selalu timbul kesempatan, ini hal penting dalam mindset trader yang baik namun tidak berlaku buat pada trader yang ‘terpaksa’ menjadi investor pada saat seperti ini

Mari trading lebih baik untuk sebuah pertumbuhan portfolio yang konsisten!

Salam dari APA Trading System

Comments

comments