IHSG 281116

IHSG HARI INI (INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN) DAN OUTLOOK PASAR MODAL 28 NOPEMBER 2016

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam posisi penutupan tgl 25 Nop 2016 dalam pantauan APA Trading System, kembali breakdown dari short term trend line, dengan posisi candle swing merah, menandakan momentum turun yang berpotensi lanjut ; Kelihatan kembali akan mencoba testing support area di S1 (support 1) sekitar 5.043. Indikator ribbon masih merah, belum terlihat turning point dari trend besarnya.

Sementara memang terindikasi arahnya konsolidasi / sideways dengan range di R1-S1, breakout R1 akan potensi melanjutkan trend dengan kemungkinan pola double bottom (yang cenderung merupakan pola bullish). Breakdown dari S1 sebaliknya akan memberikan konfimasi pola double top (pola bearish) kecil di rentang pergerakan 2 minggu terakhir dan berpotensi turun lebih jauh lagi. Jadi disarankan trading super selektif, tentunya dengan strategi bermain saham yang tepat untuk setiap saham yang berbeda serta rencana trading yang jelas dan disiplin kuat.

Saham-saham dengan Cap besar / Bluechips banyak andil dalam koreksi indeks, yang chartnya memang sudah jauh-jauh terlihat dari candle swing / indikator di APA trading system. Secara teknikal analisis dari chartnya, sektor properti dan perbankan dalam posisi downtrend jadi ada baiknya sideline dulu, menunggu tanda / sinyal trading reversal, jangan melawan trend kecuali ada indikator pendukung yang baik. Sektor Mining tetap dalam posisi terbaik sementara ini.

Mengapa harus idealis melakukan trading di saham-saham kesayangan kalau dari perspektif chart memang kurang baik. Masih banyak saham-saham yang tetap sustainable dari sisi trend, swing, indikator dan sinyalnya. Trading memang harus sangat fleksibel seperti analogi bambu, mengikuti arah angin namun kuat dan persisten.

Strategi trading saham tren di posisi saham yang masih kuat secara trend, namun untuk saham dengan gerakan-gerakan besar, idealnya menggunakan swing strategy untuk mendapatkan capital gain dari pergerakan ini namun tetap dalam time frame terbatas alias trade jangka pendek. Tetap hindari saham yang terkonfirmasi downtrend.

Salam trading dari APA trading

Comments

comments