Alpha Trading Group

Kenapa Harga Saham Naik dan Turun?

Berkebalikan dengan kepercayaan umum bahwa orang kebanyakan, investor dan pedagang saham tidak terikat oleh nilai fundamental atau perusahaan yang menjual saham untuk menambah permodalan mereka. Harga saham terikat pada suatu nilai yang dipertukarkan oleh pembeli dan penjual di pasar. Hal itulah yang menentukan harga, tak ada lainnya. Jadi pertanyaannya adalah apa aturan yang mempengaruhi perubahan harga saham?

Hukum ekonomi yang mengatur pergerakan harga di pasar. Ada tiga hukum yang ditulis oleh Richard Wyckoff yang menjelaskan realitas pergerakan harga dan penyebabnya

Hukum penawaran dan permintaan

Jika permintaan (pembeli) melebihi penawaran (penjual) maka harga saham akan meroket naik. Jika penawaran melebihi permintaan maka harga akan turun.

Harga ditentukan oleh hukum penawaran dan permintaan.

Harga akan bergerak naik dan turun untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan sehingga setara.

Saham hanya berharga dimata orang yang ingin membelinya

Hukum sebab akibat

Keseimbangan permintaan dan penawaran dapat berubah karena ada suatu sebab.
Sebab tersebut bisa jadi berita yang penting, berita bagus dari sektor yang sama, atau kondisi pasar yang menguat.

Sebab yang bagus akan meningkatkan permintaan yang tinggi untuk saham, dan menghasilkan akibat yang bagus (Harga saham meningkat).

Hukum usaha dan hasil

Untuk perubahan harga saham, berapa volume (usaha) yang dibutuhkan untuk menggerakannya.
Saat hasil (harga) dan usaha (volume) dalam harmoni, pergerakan tren akan terus berjalan. Namun jika keduanya tidak sejalan, contohnya ketika volumenya besar, namun harga hanya bergerak naik sedikit, tren saat ini akan berubah, dan langkah defensif harus segera diambil.

Rick Redmont memberikan contoh sederhana:

“Saat Anda melihat ke suatu saham. Saham tersebut memperdagangkan 10,000 saham dan meningkat satu poin pada hari pertama. (Anda melihat usaha dan hasil). Hal yang sama terjadi pada hari kedua. Pada hari ketiga, saham tersebut menjual 20,000 saham dan naik 1 poin. Pada hari ke empat, dijual 40,000 saham dan naik setengah poin. Pada hari kelima, dijual 80,000 dan tidak terjadi perubahan poin. (hal ini menunjukkan akibat dari permintaan yang sudah menurun)

“Pada hari ketiga Anda harus melakukan usaha dua kali lipat untuk mendapatkan hasil yang sama (seperti pada hari pertama)” menurut Redmont “ kunci untuk menganalisa permintaan dan penawaran adalah bahwa permintaan semakin lama semakin menurun”

“Saat pembelian dilakukan dan memuaskan akan selalu ada penawaran. Karena itu harga akan turun dengan cepat- karena penwaran selalu ada namun permintaan tidak. Jika orang yang ingin membeli tidak ada maka harga akan jatuh drastis.”

Comments

comments