Billy 12Des19A

Masih amankah investasi saham di bursa efek IHSG?

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tahun 2019 termasuk tahun ‘roller coaster’ di bursa efek IHSG ; dari rally awal tahun menyambung dari momentum sejak Nopember 2018 hingga terjadi koreksi tajam di bulan Mei dan IHSG bergerak ranging sideways sejak itu dan hingga posisi terakhir di hari ini (12 Desember), berat untuk sebuah kenaikan signifikan. Pergerakan IHSG cenderung volatile dan tidak trending karena terlihat banyak aksi trading saham jangka pendek dan tidak ada flow dari dana besar yang cenderung menggerak indeks secara masif.

Banyak dari para investor yang merasa tidak cukup ‘beruntung’ dalam berinvestasi saham, atau juga tidak banyak waktu untuk menganalisa serta mengikuti pergerakan harga saham yang liar dan tidak memiliki skill yang mumpuni untuk menghasilkan profit dalam portfolio sahamnya. Sebagian besar lalu mengalihkan dananya untuk masuk ke instrumen investasi yang di rasakan lebih aman dan terkendali yaitu reksadana. Lalu datanglah berita buruk ini : ‘banyak reksadana ternyata merugi besar karena berinvestasi di saham-saham dengan fundamental tidak jelas dan dengan pergerakan sangat fluktuatif’.

Banyak yang tertarik masuk ke reksadana karena alasan bonafiditas perusahaan, merasa dikelola manajer investasi yang ‘invincible’, laporan historical dari portfolio yang ‘wah’, belum lagi saat di prospek oleh marketing staff yang lihai.. Dalam investasi reksadana, kita sebagai investor tidak memiliki kendali terhadap apa yang terjadi di dalam manajemen investasi perusahaan reksadana tersebut. Ada artikel melaporkan banyak perusahaan reksadana yang nilai produknya amblas 50% bahkan hingga 79.55%.

Reksadana IndonesiaMemang strategi tiap perusahaan investasi ini berbeda-beda, namun sekiranya angka IHSG tidak mengalami penurunan yang signifikan setahun ini, amatlah ironis apabila ada investasi yang berlabuh di reksadana tertentu mengalami penurunan yang begitu hebat.

Bagaimana untuk para investor saham yang melakukan aktivitas jual-beli / trading secara langsung? Sekiranya mereka yang tidak memiliki approach yang benar, pilihan saham yang salah ataupun tidak memiliki rencana trading yang baik akan berpotensi besar mengalami hal yang sama; tahun 2019 ini bursa saham IHSG banyak juga mencatat banyak saham yang mengalami penurunan yang luar biasa (beberapa ada yang mengalami penurunan hingga 90%-an).

 

 

 

Di dalam investasi saham, kita mesti mengenal faktor penting yaitu 3M : Money – Mind – Method. Money mengacu kepada Money management yang merupakan defense penting untuk mempertahankan kontinuitas investasi, Mind mengacu kepada mindset & logika bisnis dan psikologi trading yang sering diremehkan para investor, terakhir Method mengacu kepada strategi investasi dan pendekatan dalam pemilihan saham serta pengaturan rencana trading / trading plan.

Contohkan Billy S, seorang investor muda yang sudah bertahun-tahun secara konsisten menghasilkan keuntungan dari bursa saham, menggunakan TradingAPA system dalam bisnis sahamnya, secara disiplin tetap menerapkan dan mengikuti ketat trading rule APA. Billy bukanlah seorang trader professional yang terus menerus memantau portfolio sahamnya, trading saham merupakan income kedua karena keseharian masih bekerja di sebuah perusahaan multinasional. Melakukan aktivitas analisa sahamnya cukup 15 menit per hari itupun dilakukan di malam hari.

Billy 121219BTrading mindset yang benar :

  • bukanlah bagaimana menghasilkan profit sebesar-besarnya di saham tertentu namun pada akhirnya hilang karena kerugian di saham-saham lain, kuncinya adalah bagaimana menciptakan konsistensi pertumbuhan portfolio yang stabil dan terkendali.
  • bukan bagaimana bisa menghasilkan profit saat kondisi bursa bagus namun kehilangan semuanya hingga merugi di saat market berubah jelek namun bagaimana agar tahu dan bisa menghindar dari kerugian saat market tidak bagus dan volatile.
  • tidak mesti trading setiap saat atau sesering mungkin, namun hanya trading di saat probabilitas profit dirasakan tinggi dan yang didukung oleh data atau statistik

 

 

 

Demikian artikel kali ini, semoga bisa membantu teman investor untuk bisa lebih baik lagi dalam investasi sahamnya..

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti juga feed kami di www.tradingapa.com atau direct via http://bit.ly/asktradingAPA

Salam,

TradingAPA

Aswin PP

 

 

 

 

 

Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Surabaya, Seminar Saham -  Sabtu, 23 Maret 2019, jam 13.30-15.30
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!