Tips Jitu Investasi dilihat dari Usia

Mau Investasi? Ini Tips Jitu Investasi dilihat dari Usia

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Investasi belakangan ini sering menjadi topik dan sering dikaitkan dengan tren gaya hidup. Banyaknya topik soal investasi ini mengingat pertumbuhan generasi milenial yang pesat dan makin kuatnya informasi secara online terutama mengenai pengelolaan uang dan persiapan menghadapi masa depan nantinya. Memang sering kita dengar untuk pilihan terbaik untuk sebuah income yang sustainable lebih ke arah bisnis dan entrepreneurship namun menilai perkembangan dunia bisnis dan ekonomi yang semakin hari semakin ketat persaingannya , kita juga harus memikirkan sebuah alternatif misalkan investasi.

Salah satu manfaat yang terpenting dari investasi adalah ibaratnya sebuah tabungan untuk bisa membantu kita suatu saat bila diperlukan sewaktu darurat, saat kondisi keuangan memburuk atau juga sebagai bekal untuk pensiun nantinya. Investasi itu sendiri secara historis banyak yang bisa memberikan imbal hasil jauh lebih besar daripada menjalankan bisnis itu sendiri, bahkan dengan sebuah effort yang sangat sederhana tanpa harus berjuang dengan human resources, perundangan atau persaingan di dunia bisnis.

Tidak ada yang terlambat perihal investasi seberapapun usia anda. Namun, dalam pilihan investasi sebaiknya dilakukan berdasarkan usia pun dan dipilih secara teliti. Setiap jenjang usia memiliki kebutuhan yang berbeda dan akan berubah seiring berjalannya waktu. Sebagai contoh, saat usia anda 25 tahun anda tidak memikirkan ingin membeli rumah; namun saat usia yang 35 tahun ke atas kita tentu memikirkan bagaimana agar bisa membeli rumah untuk kebutuhan keluarga. Oleh sebab itu, idealnya ada sebuah batasan usia setiap investasi yang dipilih. Berikut tips memilih investasi yang sesuai usia!

Usia 20-30 Tahun

Usia ini adalah usia yang tergolong masih sangat muda ; umumnya kita masih kuliah atau fresh graduate. Biasanya, dalam usia ini income banyak digunakan untuk foya-foya atau gaji yang didapatkan ketika sudah bekerja adalah untuk belanja, kulineran ataupun travelling.

Karakter keuangan di usia ini cenderung belum dapat mengelola keuangan dengan stabil karena pada usia ini, kita belum memiliki tanggungan apa-apa yang bisa memberatkan kondisi keuangan. Apabila anda sudah memikirkan investasi di usia ini, maka anda termasuk salah satu orang yang selangkah lebih maju merencanakan masa depan lebih baik. Ada tips investasi yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut!

  • Tujuan investasi lebih baik jangka panjang yakni minimal 10 tahun.
  • Pilih investasi yang paling sesuai dengan karakter. Antara karakter yang agresif siap resiko tinggi, atau anda yang takut merugi.
  • Persentasi uang untuk investasi dimulai dari 30%-50% dari pendapatan atau gaji yang anda dapat.
  • Pilih persentasi yang cocok adalah saham, unit-link, emas atau valuta asing

 

Usia 30-40 Tahun

Di usia ini, sebagian masih single dan ada juga yang sudah berkeluarga. Biasanya usia ini bisa dibilang mulai mampu mengelola keuangan dengan teliti. Dari segi usia, mereka lebih bisa berpikir dewasa dan memiliki beban yang harus dipertanggungjawabkan.

Seperti contoh, yang berkeluarga pasti memiliki kebutuhan bulanan yang harus dipenuhi seperti cicilan rumah atau biaya sekolah anak. Tentang investasi, tentu hal ini sangat penting karena menabung saja tidaklah cukup. Disamping itu, anda tetap membutuhkan dana pensiun. Ada tips yang bisa anda lakukan sebagai berikut!

  • Tetapkan tujuan investasi secara jelas, misal untuk pendidikan anak-anak, persiapan untuk menikah atau untuk dana pensiun.
  • Pilih investasi yang jangka menengah 5-10 tahunan atau jangka panjang. Sesuaikan dengan tujuan investasi anda.
  • Fokus memilih produk investasi yang sesuai dengan karakter, namu sebaiknya mulai dengan pilihan resiko yang sedang hingga rendah.
  • Persentasi pengeluaran dana investasi mulai dari 20% – 40% dari pendapatan atau gaji yang didapat.
  • Investasi yang cocok untuk dipilih adalah saham, reksa dana, unit-link, emas, property, valuta asing, obligasi sampai deposito.

 

Usia di atas 50 Tahun

Semakin bertambah usia, semakin tinggi pula pengeluaran. Dimulai dari biaya kuliah anak, hingga kebutuhan rumah tangga. DI usia ini, anda diwajibkan untuk mengelola uang dengan baik dan sudah mendapatkan sumber pendapatan yang stabil agar menopang biaya hidup. Apabila usia ini anda belum memulai investasi, tidak ada salahnya jika anda memulai investasi yang sesuai dengan kemampuan. Berikut  tips untuk anda yang ingin investasi di usia ini :

  • Tujuan investasi yang anda tetapkan harus jelas, contohnya untuk ibadah haji/umrah, dana pension 5-10 tahun ke depan, liburan hari tua atau lain-lain.
  • Pilih investasi jangka pendek menengah, misalkan kurang lebih dari 5 tahunan, namun tetap harus disesuaikan dengan tujuan investasi anda.
  • Pilihkan investasi yang memiliki risiko yang rendah dan stabil.
  • Persentasi investasi yang bisa anda lakukan adalah 20% – 30 % dari gaji atau pendapatan.
  • Investasi yang bisa anda coba adalah reksa dana, emas, valuta, hingga deposito.

 

Usia 60 tahun atau usia pensiun

Jika di usia ini anda sudah memiliki dana pensiun dan hasil dari investasi itu mencukupi biaya hidup dan gaya hidup maka anda patut bersyukur. Tetapi, bagi anda yang masih belum memiliki posisi keuangan yang belum stabil seutuhnya sebaiknya tetap memikirkan sebuah alternatif . Terpenting kondisi anda sehat dan untuk soal investasi, anda masih memiliki kesempatan untuk mencoba. Berikut tips yang cocok untuk anda yang ingin investasi di usia ini, yakni sebagai berikut!

  • Tujuan investasi anda harus jelas, bisa untuk umrah atau haji, dana pensiun 3 – 5 tahun ke depan atau liburan hari tua.
  • Baiknya lakukan investasi di jangka pendek, bisa 2 – 3 tahun hingga 5 tahun. Hal ini tetap harus anda sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan anda.
  • Pilih investasi yang memiliki risiko rendah.
  • Persentasi investasi yang bisa anda keluarkan mulai dari 10 % – 15% dari pendapatan anda.
  • Investasi yang cocok adalah emas, valuta asing, sampai dengan deposito.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk melakukan investasi sesuai dengan usia. Namun, anda tetap harus waspada dengan investasi bodong. Oleh karena itu, anda butuh pengalaman dan pengetahuan mengenai investasi. Anda butuh perusahaan yang legal untuk menuntun investasi anda lebih terarah. Semoga tips di atas bermanfaat untuk anda yang lagi mau investasi ya!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Surabaya, Seminar Saham -  Sabtu, 23 Maret 2019, jam 13.30-15.30
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!