Trend Saham Surabaya

Mengenal Trend dalam Trading Saham dan logikanya (Part 2)

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dalam artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai jenis trend saham dan topik menarik terkait trend. Kali ini akan disharingkan beberapa materi lanjutan, khususnya terkait dengan trend seperti logika di balik trend saham serta logika di balik harga dan trend reversal. Banyak trader saham yang hanya melakukan jual beli di bursa saham tanpa mendalami hal ini sehingga kehilangan esensi dan sering bingung dalam rencana trading serta penerapan strategi bermain saham atau bisnis trading di pasar modal.

Logika di balik trend saham

Kenapa di saat uptrend, harga saham terus menerus naik? Sedang downtrend, saham yang turun akan cenderung terus turun ? Logikanya ada pada psikologi pasar yang berkaitan dengan Greed & Fear (Keserakahan & Ketakutan)

Greed melihat pergerakan saham sedang naik, berusaha ikut-ikutan melompat masuk ke pergerakan saham tersebut, berharap mendapatkan momentum yang sedang berlangsung dan mengambil keuntungan di sana. Sering trader mengambil keputusan membeli diharga atas, berharap harga naik lebih tinggi lagi (Buy High sell higher). Dengan kekuatan mindset yang bergerak searah, terjadi rush di sebuah saham yang mengangkat kekuatan demand sehingga harga saham bergerak naik

Fear melihat pergerakan saham yang sedang turun, menimbulkan kepanikan buat pemegang sahamnya, sehingga ikut-ikutan menjual pegangan sahamnya, untuk yang punya sahamnya agar tidak merugi, atau berkurangnya profit yang sudah ada. Saat kita melihat saham yang terus turun, dapat dinilai walau sahamnya tambah murah pun, tidak ada yang berminat, dalam arti kata ekonomi, supply lebih kuat sentimennya dari pada demand.

Price Logic

Dalam konteks uptrend dan down trend, sangat penting agar kita mengerti bagaimana sebuah harga dan market behaviour itu bekerja.

Harga saham yang naik akan terus naik, dengan logika ini seorang trend trader sebaiknya tidak menggunakan feeling untuk menilai mahal atau murahnya sebuah saham. Ingat harga mahal akan tambah mahal, sebaliknya yang murah akan tambah murah. Harga hanya merupakan sebuah konsep bagaimana pelaku pasar menilai saham tersebut.

Harga naik akan terus naik, berapakah harga yang dapat dikatakan mahal ???

Harga murah akan bertambah murah, berapakah harga yang dikategorikan murah?

Sangat Relatif bukan ?

Trend Reversal

Satu hal yang penting diingat, trend tidak akan berlaku selamanya. Umumnya terlihat di grafik saham, akan ada sebuah titik dimana akan terjadi pembalikan arah trend. Ini disebut trend reversal.

Uptrend berbalik menjadi downtrend

Melihat ini harus dari dua sisi :

Dari sisi trader yang belum memiliki sahamnya :

Memberikan sinyal agar sementara ini jangan dulu masuk ke saham tersebut. Trader lebih bijak menunggu hingga ada konfirmasi berikutnya yaitu pembalikan arah berikutnya dari down balik menjadi Up. Ingat selalu konsep downtrend, harga sedang turun akan cenderung turun lebih jauh lagi

Dari sisi trader yang punya sahamnya :

Inilah waktunya kita untuk sementara waktu harus meninggalkan saham ini, lepas dulu, untuk bisa mengambil lagi diharga murah nantinya.

Downtrend berbalik menjadi uptrend

Dari sisi trader yang belum memiliki sahamnya :

Inilah saat masuk ke dalam saham ini, karena ada kemungkinan kita bisa masuk ke sebuah awal trend yang bisa berjalan panjang. Semakin awal kita masuk ke sebuah trend, semakin besar potensi keuntungan yang bisa diperoleh.

Dari sisi trader yang sudah memiliki sahamnya dari awal :

Ini bisa jadi saat untuk menambah posisi, atau tetap ke holding saham ini selama mungkin. Kontrol fear kita terhadap pergerakan koreksi kecil agar bisa dengan objektif tetap berada di posisi saham selama mungkin dan mengambil profit semaksimal mungkin.

Sebagai acuan untuk menentukan titik balik / trend reversal, trader bisa menggunakan tools seperti trading system yang memiliki indikator yang bisa menangkap tikungan-tikungan trend ini.

Demikian sharing kami untuk seri trend saham. Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA

Salam,

TradingAPA

Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Surabaya, Seminar Saham -  Jadwal Menyusul
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Jadwal menyusul
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!