Trend Saham

Mengenal Trend Harga Saham dalam Investasi Saham (Part 1)

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Salah satu unsur terpenting dalam trading saham adalah identifikasi trend. Trend harga saham merupakan kunci yang menentukan probabilitas profit & loss dalam bisnis trading, dan seorang smart trader tentunya akan melakukan investasi ke dalam saham-saham dengan trend yang baik dan menerapkan strategi yang tepat mengikuti trend ini. Mari kita pelajari lebih jauh mengenai trend ini sendiri.

Jenis trend saham

Trend harga saham merupakan suatu kecenderungan atau kondisi dimana terdapat suatu jenis pergerakan yang mendominasi harga saham / grafik saham dan sifatnya berlanjut.

Trend memperlihatkan sebuah kontinuitas, dimana harga saham yang naik akan terus naik (istilahnya melawan gravitasi), atau yang turun akan terus tambah turun (tarikan gravitasi / gravitational pull).

Sangat penting dalam mengetahui trend trading. Karena trend trading dapat berfungsi sebagai bagian dari rencana trading, penentu entry posisi anda. Keputusan anda untuk melakukan buy hingga sell, dapat ditentukan saat anda melihat trend trading yang sedang terjadi.

Berikut adalah jenis-jenis trend trading yang harus anda kenal sebelum menentukan entry anda – bagus untuk pemula dan juga bisa menambah lagi pengetahuan seputar trading.

  1. Uptrending (trend naik)

Trend naik disebut Bullish. Contoh keadaan bullish, dimana suatu nilai / harga saham mengalami kenaikan yang kontinu, melawan pendapat umum yang mungkin menilai kalau harga nya sudah mahal. Secara teknikal analisis menunjukan kondisi dimana pergerakan harga saham memiliki kecenderungan untuk terus bergerak ke atas dan ditandai dengan adanya dua titik terendah yang semakin meninggi.

  1. Downtrending (trend turun)

Trend turun disebut juga Bearish, hal mana merupakan kebalikan dari trend naik dan disebut juga downtrend. Secara teknikal, menunjukan kondisi pergerakan harga saham yang menurun dan memiliki kecenderungan untuk terus menurun sampai terjadi pembalikan harga. Downtrend ditandai dengan dua titik tertinggi yang semakin merendah.

  1. Sideways atau No Trend

Sideways merupakan kondisi pergerakan harga saham yang cenderung bolak balik (naik turun) dalam rentang harga tertentu bergerak menyamping, tidak naik, tidak turun. Apa yang menyebabkan sebuah trend menjadi datar? Biasanya trend sideway terbentuk karena trader yang sedang menunggu sebuah konfirmasi contohkan berita, laporan keuangan, dan mungkin juga kondisi pasar regional.

Jenis trend

Jenis trend

Strategi bermain saham yang diterapkan dalam setiap jenis trend tentunya berbeda. Untuk saham uptrend, strategi trading LONG yang tepat untuk diterapkan. LONG merupakan strategi pembelian saham di harga tertentu, lalu mengharapkan saham tersebut naik dan berusaha menjual di harga di atasnya.

Strategi SHORTING tepat diterapkan untuk saham bersifat downtrend, di mana trader melakukan penjualan saham (pinjaman dari sekuritas) di harga atas, berharap harga saham tersebut turun dan berusaha menutup posisi dengan membeli (lalu mengembalikan ke sekuritas) di harga di bawahnya.

Strategi Swing dan konsolidasi cocok untuk saham yang bergerak sideways, dengan aturan trading buy @support lalu sell @ resistent, atau juga strategi breakout (Long bila break resistent atau Short bila break support). Strategi trading ini menggunakan target profit dengan time frame pendek.

Trend apa yang kita pilih saat screening saham

Trend pilihan terbaik adalah Uptrending (khususnya IHSG) dan tentunya dilakukan dengan strategi trend trading. Dalam Trend trading kita melakukan holding saham selama mungkin dengan acuan bahwa saham tersebut memang sedang memiliki momentum naik, agar kita bisa memaksimalkan profit.

Hingga kapan kita holding saham dengan strategi ini?

– Hingga terjadi reversal trend atau setidaknya kita mengerti bagaimana mengantisipasi sebuah perubahan momentum pergerakan harga saham, dengan tujuan agar profit yang diperoleh tidak ikut tergerus saat harga saham memulai pergerakan sebaliknya / downtrend

 

Demikian sharing kami untuk seri trend saham, untuk masukan-masukan terkait lainnya akan kami sharingkan di artikel-artikel berikutnya tentang trend. Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA

Salam,

TradingAPA

Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Surabaya, Preview - Jadwal menyusul Jakarta, Preview - Jadwal menyusul
Jadwal Workshop:
Surabaya, Workshop - Jadwal menyusul                 Jakarta, Workshop - Jadwal menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Surabaya, jadwal menyusul