Investasi Saham

Mulailah berinvestasi saham di pasar modal dari sekarang

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

“The best time to plant a tree was 20 years ago. The second best time is now.” – Chinese Proverb

Pasar modal mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dalam sepuluh tahun terakhir sejak pulihnya keadaan sejak krisis ekonomi di tahun 2008. Kita bisa melihat bagai kapitalisasi pasar, jumlah emiten di bursa saham serta grafik pertumbuhan jumlah investor saham yang eksponential yang turut berpartisipasi di dalamnya. Kita melihat bagaimana sejak itu pertumbuhan dan kenaikan indeks harga saham indonesia begitu konsisten serta kenaikan harga saham emiten ada yang hingga mengalami kenaikan berpuluh-puluh kali lipat.

Di atas kertas, pertumbuhan sedemikian hebat jelas jauh lebih baik daripada rata-rata pertumbuhan bisnis riil yang semakin lama semakin berat dalam persaingan dan tantangan yang dihadapi. Sayangnya juga, banyak yang tidak melakukan investasi saham di pasar modal karena sebuah kebiasaan menunda : “Besok atau nanti deh, … “ yang akhirnya menjadi lusa, minggu, bulan ataupun tahun depan dan pada akhirnya tidak pernah memulai.

Alasan menunda pun variatif : repot karena perlu waktu untuk riset, belum siap dengan resikonya, perlunya waktu untuk terus berpartisipasi di pasar modal saat melakukan investasi, tidak adanya waktu luang untuk menata keuangan investasi ini, adanya keperluan keuangan lainnya misalnya dalam mengembangkan bisnis dan lainnya namun tidak banyak yang tahu kalau dijalankan dengan baik, saham ini pun bisa menjadi sumber keuangan yang luar biasa.

Waktu terbaik untuk memulai investasi (baik waktu belajar maupun investasi sahamnya) adalah HARI ini, waktu kedua terbaik adalah esok setelah persiapan hari ini. Tidak setiap saat adalah waktu tepat untuk membeli saham namun kita tidak akan tahu apakah besok terdapat kesempatan emas, kalau kita tidak memulai risetnya hari ini.

Investasi saham itu layaknya sebuah proses atau usaha menurunkan berat badan/obesitas. Kita tidak hanya fokus kepada pengurangan intake makanan, namun juga perlu riset mengenai nutrisi & diet, belajar kalkulasi kalori, menjalankan program olahraga yang tepat serta proses riset dan eliminasi kebiasaan buruk kita selama ini. Jadi hasil akhir yaitu menjadikan berat badan ideal ataupun atletis semua merupakan target usaha kita, yang mana tidak akan pernah tercapai kalau sampai kita salah fokus (hanya ke hasil) dan tidak konsisten dalam proses saat menjalankannya.

Investor-investor kondang dunia sebut seperti Warren Buffet, Peter Lynch, George Soros, Carl Icahn, semua memulai dari jauh-jauh hari dan pernah jatuh bangun sebelum mereka mendapatkan sukses luar biasa dari pasar modal dan mereka pun tidak ada yang terlahir menjadi seorang investor sukses; semua memulai dari menggali, belajar, mencoba, gagal, mencoba lagi dan akhirnya bisa berhasil menjalankannya secara konsisten. Yakinlah kalau para pebisnis (riil) juga sama karena semua pebisnis sukses tidak pernah 100% mulus di sepanjang jalan mereka. Semua pasti pernah mengalami kegagalan namun inilah kunci sukses mereka karena konsisten dan belajar dari kesalahannya untuk menjadi lebih baik.

Investasi saham di mata para top investor, sama saja dengan menjalankan bisnis, selalu belajar dari kesalahan yang harus bisa dikendalikan, jangan sampai merusak keseluruhan portfolio. Mereka paham kalau ini bukan ‘rocket science’ atau textbook yang baku, inti dari semua bisnis itu sama : sifatnya mengendalikan resiko, belajar mengenali kesempatan, beradaptasi dengan pasar dan melakukan keputusan yang tepat serta tidak terpengaruh secara emosional dalam menangani krisis, serta selalu memiliki objektivitas yang baik.

Mulailah menanam pohon sekarang, agar nantinya kita bisa mendapatkan buahnya ada saat nanti. Awali dengan mengenali seluk beluk investasi saham, pelajari cara handling dan manajemen resiko dan pahami kalau investasi saham itu juga merupakan bagian dari usaha bisnis yang bisa menjadi ladang emas nantinya. Investasi ke dalam diri kita juga sama pentingnya, sama halnya ketika kita berinvestasi (waktu dan biaya) untuk mengikuti berbagai event pengembangan diri untuk memaksimalkan potensi.

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA

Salam,

TradingAPA

Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Surabaya, Seminar Saham - Sabtu, 7 Okt 2018, jam 13.30 - 15.30
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Jadwal menyusul
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!