INKP Swing 070917

Outlook dan Analisa harga saham INKP

Saham dari emiten PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, masuk dalam kategori “super stock”, yang dalam tahun ini sejak Januari hingga hari ini telah mengalami kenaikan sebesar 330-an%. Pergerakan saham INKP yang naiknya luar biasa ini memang tidak terlalu rame terpantau secara umum karena tidak masuk dalam jajaran saham papan atas. Mari kita ulas sedikit mengenai saham ini dari sisi analisa teknikal.

Kenaikan harga saham INKP bisa dikatakan cukup sehat karena memang terjadi koreksi-koreksi kecil atau pullback karena aksi profit taking sementara, lalu kembali naik dan sejak pertengahan Mei hingga Agustus ini sempat masuk dalam masa konsolidasi saham sebelum kembali breakout dan meneruskan uptrend-nya.

Masa konsolidasi ini memberikan gambaran terjadinya tarik menarik di antara pelaku pasar, antara Buyer dengan Seller dan mereka melakukan trading dalam time frame pendek dan terlihat sebuah channel Resisten & Support, dimana resisten akan lebih kuat di posisi tekanan jual, dan di area support lebih banyak yang melakukan aksi beli.

Trading tergantung pelakunya, sekiranya trader kurang nyaman atau waktunya profit taking dalam masa konsolidasi bisa menggunakan trading tools time frame pendek untuk strategi swing seperti aplikasi candlestick RES-T yang lebih ke arah trading pendek, dimana candle hijau menunjukkan momentum naik sedang candle merah untuk momentum turunnya dan pergerakan candle ini jelas lebih reaktif dibandingkan dengan candle trend.

Untuk trader yang lebih ke arah trend trading, penggunaan candle trend lebih aman karena relatif tidak ada perubahan momentum saat konsolidasi saham yang masih ‘aman’ untuk trendnya, dan memungkinkan untuk holding lebih lama alias tipe semi invest, idealnya entry pada saat swing dari perubahan trend di bawahnya. Contohkan grafik di bawah ini :

INKP TREND 070917

Pengunaan candle RES-T saat terkonfirmasi harga sahamnya melakukan breakout dari channel support, selalu bisa di switching menjadi trend candle agar bisa merubah konsep trading menjadi semi invest. Mudah sekali bukan? Atau semudah mengikuti posisi hold selama posisi trend indicator masih positif / hijau.

Dalam investasi saham, kita mesti memiliki perangkat trading yang kuat, dan cocok untuk pelbagai kondisi pergerakan harga saham sehingga bisa selalu dinamis mengikuti arah harga ini, dengan demikian bisa men-generate trading profit konsisten & maksimal di pasar modal.

Nah sekarang jelas bukan bagaimana kita mesti mengantipasi pergerakan harga saham INKP ke depannya? Exit hanya menggunakan patokan candle ini, selama masih momentum UP, tidak perlu untuk menjual buru-buru, namun tetap bisa exit pada timing yang tepat sedianya nanti trend sahamnya berubah. Ditunggu candle merah mu.. Tidak perlu menebak-nebak bukan?

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing mengunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA
Salam,

TradingAPA
Coach Aswin

Comments

comments