PGAS 120917

Outlook Harga saham PGAS hari ini

Pergerakan harga saham PGAS sejak September ini mengalami tekanan jual yang luar biasa; saham BUMN kita ini yang memang sejak Maret sudah mengalami tekanan harga dan tren nya pun bergerak turun dan secara major dapat dikatakan sudah bearish / downtrend.

Sekilas info yang mengacu kepada laporan keuangan yang mengecewakan menyebabkan tekanan jual dilakukan sebagian pelaku pasar sehingga harga pun terus melemah.

Dari perspektif kita sebagai trader saham, memang sudah waktunya melepas / exit buat yang memiliki saham ini dalam portofolionya, namun sering trader bermasalah dengan timing jual belinya. Kita tahu sering terjadi paradox dimana walau laporan keuangan jelek pun saham bisa naik, atau sebaliknya ; sehingga pertumbuhan portfolio saham sering tidak maksimal karena terlambat entry atau dalam hal ini, terlambat untuk exit.

Di sisi lain, salah satu praktek yang sering menimbulkan masalah besar adalah mereka yang melakukan entry justru pada saat harga sedang menurun dengan mindset mendapatkan harga murah, namun hanya untuk mendapatkan kenyataan kalau harga murah terus bertambah murah sehingga masuk kategori ‘nyantol’ di saham tersebut. Jelas saat-saat ini mereka yang kecantol, akan dalam posisi under pressure dan stress.

Tujuan dari analisa teknikal adalah untuk menghindari hal ini, seperti terlihat pada grafik saham tradingAPA, dimana terlihat sejak Maret posisi trend indicator sudah menunjukkan posisi negatif / merah, dan selama itulah (hingga sekarang) indikator ini belum menunjukkan perubahan momentum, jadi walaupun terlihat kadang terdapat candlestick dengan momentum naik sekalipun (candle hijau) , tidak dianjurkan untuk melakukan entry.

Posisi penurunan tajam sejak awal September menunjukkan fase ‘flush out’ dimana terjadi kepanikan pasar, terjadi koreksi tajam dan perpindahan kepemilikan yang besar, sehingga ada potensi resting dulu sebelum menentukan arah selanjutnya.

Apakah menarik untuk entry saat harga sudah demikian murah? Jawabannya adalah YA, karena harga ini bisa dikatakan new low, sehingga menarik buat para BIG boys (pemain besar) untuk melakukan koleksi saham di harga murah. Seorang trader yang mengandalkan fact dan statistic, kita tetap menunggu entry signal dan timing tepat untuk entry yang baik.

“WE ARE TRADERS NOT GAMBLERS”

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing mengunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA
Salam,

TradingAPA
Coach Aswin

Comments

comments