SNP500-768x398

Outlook US market : S&P500 & DJI index 21Jan2016

US Indexes : S&P500 , DJI index

DJI-768x398

Di Chart S&P500 & Dow Jones Industrial terjadi closing dengan candle bullish hammer dan menunjukkan adanya price rejection, indikasi banyak yang menutup posisi shorting dengan profit taking atau mungkin juga entry dari sebagian contrarian yang buy on weakness.

Posisi indikator sudah ekstrim di posisi oversold, saya perhatikan secara historikal selama ini, di posisi demikian umumnya ada rebound yang cukup cepat dan liar setelah itu. Selalu ada kemungkinan naik atau turun; kita belajar dari historikal technical analysis di chartnya, tidak perlu memprediksi arahnya namun belajar mengantsipasi.

Posisi Shorting dari teman-teman yang trading di US market ada baiknya diperketat stoplossnya atau bisa juga profit taking terutama dengan posisi candle reversal seperti bullish hammer, apalagi bila ada tanda-tanda divergen dari indikatornya. Belakangan ini pergerakan indeks dan harga saham di US sangat volatile / liar, reversal bisa sangat cepat.

Posisi indeks bila break down lagi menembus support ini, sepertinya bisa terkoreksi tambah dalam dan potensi menimbulkan market panic; entry dalam posisi demikian terdapat unsur resiko tinggi (high risk trading). Koreksi dari awal tahun ini sudah relatif besar dan konstan ; idealnya market resting dulu atau rebound dan para shorters bisa entry lagi nantinya dengan resiko lebih nyaman tentunya.

Trade the timing well with technicals
– Alpha Traders –

Comments

comments