Grafik Candlestick

Penggunaan grafik saham Candlestick di dalam trading sehari-hari

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Candlestick atau biasa disebut grafik candlestick merupakan jenis grafik yang umum dipakai dalam perdagangan saham, forex dan komoditas. Candlestick disebut sebagai grafik batang lilin karena grafik ini memiliki garis-garis seperti batang lilin. Candlestick merupakan metode yang dikembangkan oleh orang Jepang bernama Munehisa Honma yang merupakan seorang trader komoditas pada abad ke-18.

Grafik ini sering dipakai karena dinilai mudah dipahami dibandingkan dengan grafik batang. Candlestick merupakan indikator penting karena dapat memberikan peringatan dini terhadap pergerakan harga pasar, bisa memberikan sinyalemen mengenai perilaku pasar dan interaksi para pelaku pasar, untuk mengambil keuntungan di sana.

Bagi para trader saham, penggunaan candlestick merupakan hal yang tepat ; Mengapa? Karena dengan candlestick ini anda akan dengan mudah mengantisipasi pergerakan harga saham, bisa untuk mengantisipasi kejenuhan kenaikan harga untuk mengambil keuntungan, ataupun masuk pada pembalikan harga yang sedang terkoreksi.

Beberapa keuntungan yang bisa anda dapat dalam menggunakan Candlestick dalam trading saham adalah sebagai berikut :

  1. Mempermudah menganalisa pergerakan harga

Dapat melihat potensi harga saham yang anda kelola, baik tren maupun momentumnya yang sedang naik atau turun ; Artinya, anda dapat melihat kendali harga saham ada pada kelompok pembeli atau penjual.

  1. Dapat memberikan sinyal perubahan harga secara cepat

Setiap grafik candlestick individu memberikan tanda mengenai apa yang sedang terjadi di pasar di antara pelakunya, sehingga memungkinkan timing jual beli saham yang tepat (rencana trading).

  1. Dapat Digunakan bersama indikator-indikator teknikal lainnya

Cepat dalam mendapatkan visualisasi mengenai informasi harga pembukaan (open) dan penutupan (close) yang merupakan salah satu indikator penting, termasuk support dan resisten pada harga saham. Pola pada candlestick seperti hammer, doji, dan lainnya tidaklah rumit untuk dipahami.

Grafik candlestick ini dapat mudah dibaca karena hanya menggunakan 2 warna yakni merah dan hijau atau hitam dan putih. Perbedaan keduanya menandakan kekuatan pasar : naik dan turun, bullish – bearish, bisa digunakan untuk menggambarkan momentum harga; naik atau turunnya sebuah harga.

Komposisi pada bentuk grafik candlestick terdiri dari badan (body candle) dan ekor (shadow). Apabila ekor atau garis berada diatas body candle atau badan, maka hal ini biasa disebut upper shadow. Sedangkan, jika ekor atau garis berada di bawah body candle, disebut lower shadow.

Candlestick pun memiliki kelebihan dengan mampu menampilkan psikologi pasar secara jelas dan mudah dipahami dibandingkan dengan grafik garis atau diagram batang. Secara psikologis, candlestick dilakukan untuk mengetahui tekanan yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Pada akhir periodenya, dua tekanan antara pembeli dan penjual ini akan dilihat sesuai dengan panjang body and shadow-nya.

Nah, begitulah keuntungan yang anda dapatkan ketika menggunakan grafik candlestick sebagai tools dalam trading saham. Pemahaman mendalam terhadap candlestick bisa memberikan sebuah sudut pandang yang sangat berarti di dalam menentukan persepsi umum dari pasar terhadap sebuah harga dan ini telah digambarkan dalam berbagai pola candle, dan ini sangat bisa membantu dalam menentukan pilihan saham serta rencana trading yang ingin dilakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti juga feed kami di www.tradingapa.com atau direct via http://bit.ly/asktradingAPA

Salam,

 

TradingAPA

Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Surabaya, Seminar Saham -  Sabtu, 23 Maret 2019, jam 13.30-15.30
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!