saham PTPP

Prospek harga saham PT. PP (Persero) Tbk (PTPP)

PT. PP (Persero) Tbk (PTPP) bersiap IPO 3 anak perusahaannya, bagaimana prospek saham PTPP itu sendiri?

https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-3589130/lepas-saham-3-anak-usaha-ptpp-bisa-galang-modal-rp-12-t (Sumber : Detik Finance)

PTPP sedang mempersiapkan IPO tiga anak perusahaannya yaitu PT. PP Presisi, PT. PP Energi dan PT Urban dengan bidikan dana sekitar Rp.12T.

Bagaimana dengan performa harga saham PTPP itu sendiri?

Dari segi analisa teknikal, posisi pergerakan saham PTPP sendiri dalam keadaan bearish dan bergerak turun. Kinerja harga saham PTPP sejak setahun terakhir terus tergerus dan mengalami tekanan jual dari harga tertingginya tepat setahun lalu di bulan Agustus di 4.850 , lalu dari grafik saham terlihat mulai mengalami perubahan trend dari awalnya uptrend menjadi down trend.

Saat penurunan pastinya banyak trader yang melakukan posisi beli baik entry baru maupun melakukan aksi averaging down (menambah posisi yang sedang turun) sehingga pada akhirnya kecantol dan nyangkut di harga atas. Inilah pentingnya kenapa seorang trader harus memahami reversal point dari sebuah pergerakan harga saham dan exit pada saat tepat sebelum menjadi “investor terpaksa”

Dari grafik saham APA di atas, dapat dilihat bagaimana posisi harga saham PTPP sejak Sept 16 sudah mulai berada di bawah trend indicator (merah) menandakan trend yang mulai berubah turun dan memang posisi harga tergerus setelahnya hingga saat bulan Juni lalu berusaha rebound namun tidak berkelanjutan dan masuk lagi ke area bearishnya. Hingga posisi transaksi hari terakhir pun masih belum ada tanda-tanda saham ini akan come back.

Dari sisi trader yang belum, memiliki sahamnya, saran sebaiknya tidak buru-buru mengambil keputusan beli karena belum ada sinyal dari timingnya. Untuk trader yang ‘Nyantol’ saham ini, rasanya memang sementara ini terpaksa jadi ‘investor terpaksa’ , disarankan tidak menambah posisi lebih banyak lagi karena kita tidak tahu arah ke depannya dan posisi pergerakannya juga down trend.

Sebagai pebisnis saham, penting agar kita bisa mengantisipasi perubahan trend ini, mindset “Harga turun akan cenderung turun” mengacu kepada trend sahamnya, mindset “wajib cutloss kalau salah posisi” serta “mengantisipasi bukan menebak” sangat lah penting !!!

Pada akhirnya, perlindungan modal merupakan salah hal terpenting dalam strategi bermain saham, manfaatkan analisa teknikal dalam melakukan timing yang baik dalam membantu keputusan trading saham Anda

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing mengunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di https://goo.gl/eZZDx6

Mari menuju trading yang lebih baik

Salam,

Trading APA
Coach Aswin

Comments

comments