IHSG 2017

Refleksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tahun 2017 dan sahamnya

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bursa efek Indonesia menjelang tutup tahun 2017 terus menunjukkan momentum penguatan yang cukup kuat dan terus menembus rekor angka tertingginya ; terakhir ditutup di posisi 6.221 (22Des17) dan sejauh ini telah bergerak naik 17.9% dari posisi awal tahun ini. Bila di perhatikan dari grafik sahamnya, pergerakan indeks ini termasuk tidak terlalu mulus, terkesan banyak swing-swing dan relatif banyak terjadi koreksi / resting, namun dari indikator trend saham dari APA system, termasuk bullish secara konsisten dan sangat menarik untuk investasi saham.

Secara sektoral di tahun ini, yang paling baik pergerakannya adalah dari saham perbankan, yang masuk dalam indeks sektoral Finance. Seperti terlihat dari grafik saham sektoral ‘Finance’, terilhat pergerakan indeks ini relatif konsisten, tidak banyak swing yang menunjukkan gap dari demand-supply antara pelaku pasarnya. Dari listing saham-saham perbankan terutama yang masuk cap cukup besar, inilah beberapa statistik yang cukup fantastis :

BBTN – dari Rp.1.740 ke 3.500 (+100%) ; BMRI – dari Rp.5.650 ke 7.675 (+35.84%) ; BBRI – dari Rp.2.380 ke 3.460 (+45.38%) ; BNGA – dari Rp.845 ke 1.360 (+60.95%) ; BBNI – dari Rp.5.475 ke 9.850(+80.00%) dan BBCA – dari Rp.15.775 ke 21.500 (+36.30%)

Sektor Saham Finance
Sektor Mining yang tahun lalu termasuk sektor yang paling cemerlang, tahun ini mengalami swing-swing atau pergerakan yang cukup liar / volatile, naik turun cukup drastis dan menunjukkan trend yang tidak konsisten, sehingga trading di sektor ini memerlukan sebuah skill timing yang cukup baik. Dari sektor Mining ini beberapa saham seperti ANTM, TINS masih terus mengalami downtrend; saham seperti BUMI, ADRO, HRUM, INCO, PTBA dan DOID termasuk yang mengalami beberapa swing besar dan pada akhirnya tidak menghasilkan perubahan harga yang signifikan, hanya melalui strategi swing di tradingAPA akan terlihat positioning profit yang baik. Untuk ITMG dan MEDC relatif masih bertumbuh namun terjadi swing cukup besar. Satu saham dalam catatan kita yang mengalami pergerakan trending yang kuat dan konsisten adalah saham INDY.

Sektor saham di tahun ini yang mengalami kemunduran adalah sektor Property dan Agri. Saham-saham property rata-rata mengalami tekanan jual yang cukup signifikan tak terkecuali grup Lippo & Ciputra, kecuali BKSL yang masih bertahan. Sektor Property banyak faktor pemberat dari sektor konstruksi yang mengalami tekanan cukup hebat, seperti WIKA, ADHI, WSKT, WTON dan PTPP. Lihat grafik saham Property dan AGRI di bawah ini..

Sektor saham property

 

Saham sektor AGRI

Saham-saham bluechips seperti INDF mengalami tekanan cukup kuat namun tetap ada yang masih perkasa seperti : UNVR – dari Rp.38.825 ke 54.125 (+39.40%) dan UNTR – dari Rp.21.000 ke 34.250 (+63.10%). JSMR termasuk lumayan, TLKM juga mengalami heavy swing yang liar. PGAS sendiri tetap konsisten downtrend dan sementara masih belum terlihat potensi reversal yang baik.

Dari kondisi ini semua, terlihat memang trading di tahun 2017 ini memiliki tantangan yang berat karena beda saham beda pula medan-nya. Untuk itu sangat penting agar kita memiliki trading tools yang bisa mengakomodir strategi trend maupun swing. Strategi Trend untuk saham yang terus naik agar bisa memaksimalkan profit, strategi Swing untuk pergerakan harga saham dengan swing-swing besar dan liar. Sama dengan tantangan di tahun 2018 yang kami lihat akan memberikan tantangan baru yang lebih besar.

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di http://bit.ly/asktradingAPA atau http://bit.ly/tradingAPA

Salam,

TradingAPA

Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Preview - Daftar Seminar Berikutnya
Surabaya, Preview - Daftar Seminar Berikutnya
Jadwal Workshop:
Surabaya, Workshop - 27 Januari 2018
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Jadwal menyusul
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!