JPFA A

Rekomendasi dan outlook saham dengan Teknikal Analisis : Pola Head and Shoulders di saham IHSG

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pada artikel cara bermain saham (1) telah kita ketahui apa apa saja faktor yang mempengaruhi dan membedakan cara bermain saham antara Pro dan Amatir dan cara bermain saham (2) kita telah membahas apa saja daftar harga saham yang tersedia di pasar. Dan pada artikel cara bermain saham kali ini kita akan membahas mengenai Head and Shoulders yang merupakan sebuah sebuah pola bearish (potensi menurun) yang umum di kalangan analis teknikal dalam menganalisa pergerakan sebuah instrumen keuangan. Pola inilah yang banyak ditakuti para investor dengan time frame menengah panjang karena menandai potensi berakhirnya sebuah uptrend untuk mendapatkan rekomendasi dan outlook saham dengan teknial analisis.

Head and shoulder pattern secara teoritis terlihat seperti ini :

HNS A

Exit point yang terpenting adalah saat harga saham menembus neckline-nya

Mari kita lihat bagaimana efek Head and Shoulder dari chart saham LPCK di bawah ini :

LPCK A

Terlihat bagaimana saat neckline sebagai batasan support tertembus, saham lantas bergerak turun/rontok cukup dalam & lama ; trend berubah drastis menjadi downtrend. Jadi ada baiknya menghindari Buy and Hold apabila sudah dalam kondisi seperti ini.

Mari kita simak beberapa saham yang sementara ini memperlihatkan pola yang sama :

Saham JPFA dalam pola Head and Shoulder:

JPFA A

Saham BJTM dalam pola Head and Shoulder :

BJTM A

Apakah semua saham dalam pola Head and Shoulder ini pasti akan turun? Jawabannya : tidak selamanya, kadang trend berubah namun tidak secara major, kembali lagi tergantung ke sisi demand-supply dari para pelaku pasarnya.

Ada baiknya seorang trader mengantisipasi misalkan dengan exit terlebih dahulu karena menganggap hal tersebut tidak akan terjadi; contoh dengan asumsi itu adalah saham bluechip, agak riskan dan spekulatif.

Saat saham ternyata turun banyak setelah necklinenya tertembus, trader berhadapan dengan resiko hilangnya kesempatan sell high buy low, atau nyantol saat saham ternyata downtrend secara major dan simultan. Kita selalu bisa re-entry apabila ternyata di suatu saat saham tersebut ternyata naik kembali, tentunya dengan sebuah skill analisa indikator yang benar.

Mempelajari pola-pola pergerakan saham merupakan salah satu analisa penting buat seorang trader sukses yang mengandalkan teknikal analisis.

Salam dari TradingAPA

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Surabaya , jadwal menyusul