rekomendasi saham atau belajar saham

REKOMENDASI SAHAM ATAU BELAJAR SAHAM ?

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Seorang pemula ataupun yang sudah pernah berkecimpung dalam investasi saham, umumnya akan menghadapi kedua pilihan ini : mengikuti rekomendasi saham atau belajar saham, terkait dalam pengambilan keputusan untuk analisa saham mana yang terbaik untuk diinvestasikan. Hal ini biasanya mengikuti jam terbang trader yang bersangkutan karena saat awal-awal masuk ke dunia saham ini si trader saham pastilah belum berpengalaman namun sejalan dengan waktu, pengalaman akan menjadi guru terbaik. Namun untuk kali ini mari kita mengulas kedua hal ini..

Saat ini kita dalam dunia Online dimana semua feed dan broadcasting ada dalam genggaman telepon seluler, banyak sekali tersedia jasa-jasa rekomendasi saham harian untuk saham IHSG. Umumnya rekomendasi saham ini berupa masukan-masukan mana saham yang bagus untuk dibeli, lengkap dengan rencana tradingnya : beli, jual, stoploss dan target profit. Ada yang bersifat membership dan malah hingga ada yang bebas biaya.

Satu hal yang perlu kita perhatikan mengenai rekomendasi saham, yaitu minimnya transparansi dan knowhow kita terhadap postingan rekomendasi harian ini, terkait emiten masing-masing, yang sering tidak spesifik sehingga banyak yang mengikuti jual beli tanpa sebuah dasar pengetahuan yang pas. Contohnya, ada rekomendasi saham untuk strategi semi invest namun digunakan untuk trading pendek atau sebaliknya, sehingga pada akhirnya menimbulkan kerugian di sisi tradernya. Ada juga rekomendasi saham yang mengaitkan rumor atau berita, sehingga bisa timbul bias dan kerugian di saat pembalikan arah harga saham andai ketika rumornya tidak benar. Trader yang mengikuti rekomendasi saham seperti ini sering tidak mengetahui dengan detail, apa sebenarnya dasar dari rekomendasi tersebut sehingga cukup besar resiko salahnya.

Bagi mereka yang ingin lebih detail, bisa juga mencoba belajar saham dengan melakukan riset dan browsing di internet, karena sangat banyak tersedia materi-materi untuk analisa saham. Pendekatan untuk analisa saham ini bisa dengan pendekatan analisa fundamental atau juga analisa teknikal. Analisa fundamental banyak mengacu kepada laporan keuangan dan performa emiten secara global, serta terkait pembacaan value perusahaan terhadap harga sahamnya serta proyeksi ke depannya. Sedang untuk analisa teknikal lebih mengacu kepada analisa harga dan volume, indikator-indikator teknikal saham atau statistik, serta lebih mengacu kepada arah interaksi demand-supply dari emiten tertentu di pasar modal.

Belajar saham seperti ini bisa cukup memberikan tantangan tersendiri, serta menyita cukup banyak waktu, fokus dan energi, belum termasuk effort dan persiapan untuk proses trial & error, namun analisa teknikal saham pada dasarnya bisa sangat banyak membantu trader untuk membantu keputusan timing masuk atau keluar dari sebuah saham karena kita tahu saham tidak akan selamanya naik atau turun. Harga saham itu sangat dinamis, apalagi saat bursa saham sedang dalam keadaan volatilitas yang tinggi.

Hal berikutnya yang mesti diperhatikan dalam belajar saham, trader juga perlu membuat sebuah acuan dalam hal money management, dan juga harus memiliki knowhow yang baik dalam handling manajemen resiko. Untuk itu saat ini banyak trader pemula yang smart, mengikuti seminar saham yang memberikan pelatihan yang lengkap untuk ini semua. Seminar saham seperti ini bisa sangat memotong ‘learning curve’ dan lebih terarah, sehingga tidak perlu terlalu banyak ‘mencoba-coba’ dalam proses menjalani ‘jam terbang’nya.

Saran kami terbaik tetap melalui proses belajar saham agar trader itu bisa lebih independen dalam melakukan analisa saham. Penggunaan rekomendasi saham juga diperlukan sebagai masukan, namun alangkah baiknya bila tradernya sendiri bisa melakukan cross-checking atau analisa saham secara detail dalam proses pengambilan keputusan. Selalu ingat pepatah ini : “Investasikan usaha dan waktu Anda sebelum menginvestasikan uang Anda ke pasar modal”, bijak-bijak lah berinvestasi maka hasilnya akan luar biasa…

Ikuti dan lakukan riset trading Anda serta timing menggunakan analisa teknikal, sehingga trading tidak lagi menggunakan tebakan-tebakan yang mengarah ke spekulasi. Ikuti feed kami di www.tradingapa.com atau direct via http://bit.ly/asktradingAPA

Salam,

 

TradingAPA

Coach Aswin

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments

Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!
Jadwal Seminar Saham:
Jakarta, Seminar Saham - Jadwal Menyusul
Surabaya, Seminar Saham -  Jadwal Menyusul
Jadwal Workshop:
Jakarta, Workshop Saham - Jadwal Menyusul
Jadwal Sekolah Pasar Modal:
Jadwal menyusul
Ingin menjadi
Trader Profesional?
Ikuti Workshop Alpha Trading Group Sekarang!