The main purpose of a trader is to make money, the point of being right or wrong is secondary. Many traders are doing this on the wrong side of the equation.

Win Or Lose

Terdapat beberapa kunci penting agar kita bisa menciptakan keuntungan di bursa saham dalam jangka waktu yang panjang, dan sebaliknya juga ada beberapa hal yang merupakan kebalikan dari hal tadi. Kunci sukses ada pada bagaimana kita bisa dengan cepat menyimak perbedaannya dan terpenting adalah melakukan apa yang benar dan bukan semata berdasarkan apa yang kita rasa, mengikuti emosi atau pendapat pribadi.

Bila kita bisa melakukan ini dengan disiplin dan penuh kesadaran, kita akan menciptakan sebuah garis perbedaan sukses dan gagal, hidup dan mati dalam usaha kita dalam bisnis saham ini.

Bila ingin menang, buatlah sebuah trading plan dengan benar lalu ikuti dengan baik hingga akhir prosesnya dengan teguh, bila ingin kalah tradingkan apapun itu dengan gaya asalan tanpa sebuah dasar, ikutilah perasaan Anda saat itu juga.

Bila ingin menang, kontrol resiko Anda maksimal 1% atau 2% dari nilai portofolio dalam setiap trade yang Ada lakukan tidak peduli saham apapun itu, bila ingin kalah maka hajar saja dalam posisi besar terhadap 1 saham yang Anda suka seperti saat berada di kasino, Anda boleh pertaruhkan semua modal Anda dalam 1 trade.

Bila ingin menang, rencanakan trading plan yaitu harga masuk dan keluar di setiap trade, dan lakukan ini sebelum market jalan atau jauh sebelum itu lalu ikuti dengan disiplin hingga akhir trade tersebut, bila ingin kalah, tanyakanlah pendapat orang lain dan ambil keputusanmu dengan masukan tersebut tanpa adanya sebuah verifikasi ulang dari Anda sendiri.

Bila ingin menang, lakukan cutloss secara cepat & tegas dan biarkanlah posisi menangmu berjalan sebanyak & selama mungkin, bila ingin kalah, peganglah posisi kalahmu selama mungkin dan berharaplah mereka akan kembali ke harga semula dan pada akhirnya menjadi menguntungkan, serta ambil keuntunganmu secepat mungkin karena takut kehilangan posisi menangmu.

Bila ingin menang, pilihlah saham yang benar dan bermutu di bursa saham melalui metode Technical Analysis yang mumpuni, bila ingin kalah tradinglah saham-saham ‘sampah’ dan berharaplah bursa bisa berlaku baik kepada Anda melalui sebuah keajaiban.

Bila ingin menang, bangunlah sebuah riset dengan Trading System Anda melalui sebuah studi grafik saham yang baik serta lakukan banyak lakukan backtesting, bila ingin kalah, tradinglah tanpa sebuah ide jelas, andalkan insting dan biarkanlah market melakukan apapun yang ia inginkan terhadap Anda

Bila ingin menang, ikuti posisi market trend saham yang ditradingkan, bila ingin kalah, lawanlah posisi trend pasar dan berharap Anda menjadi yang pertama masuk di harga terbaik dan menjadi seorang pahlawan, contrarian atau spekulan yang hebat.

Bila ingin menang, masuklah posisi Long terhadap saham terbaik di Bull market, bila ingin kalah, lakukan Short selling terhadap saham tersebut dengan tujuan mendapatkan Jackpot terbesar.

Akhir kata, lakukanlah apa yang bisa menghasilkan uang di bursa saham, BUKAN apa yang Anda rasa ingin Anda lakukan. Pada akhirnya trading untuk mencari profit dan bukan masalah benar atau salah kan?

Comments

comments