Workshop Alpha TA

Teknikal Analisis adalah sebuah analisa dari pergerakan harga dalam sebuah kalkulasi statistik yang dibuat sederhana dalam bentuk visual seperti garis atau bentuk lainnya dalam range statistic, contoh bar atau histogram. Contoh umum adalah Moving Average (MA),  misalkan harga bergerak di atas MA ini menandakan harga sedang kuat dan trendnya naik sehingga potensi akan berlanjut ke level yang lebih tinggi, bila harga tembus ke bawah garis menandakan harga sedang dalam koreksi dan cenderung untuk turun lebih jauh dari harga terkini.

Moving Average Teknikal Analisis
Diibaratkan bahwa Anda seorang penjelajah samudra dan pasar saham adalah lautan luas yang ingin anda jelajahi. Lalu apa saja yang harus Anda persiapkan sebelum mengarungi lautan? Mungkin Anda berpikir bahwa Anda memerlukan perahu, dayung, kompas & bahkan senjata jika menemui penjahat/pembajak.
Dalam trading analisis teknikal bisa kita artikan sebagai peralatan yang perlu Anda persiapkan sebelum mengarungi lautan luas.
Kabar buruknya, pasar saham itu pada dasarnya sama sangat sulit untuk bisa ditebak karena besarnya volume dan banyaknya peserta pasar. Kabar baiknya, Anda mengetahui bahwa analisis teknikal bisa membantu Anda untuk memperkirakan pergerakan harga.
Teknikal Analisis

PREDIKSI DAN ANTISIPASI ARAH PERGERAKAN SAHAM

Workshop Technical Analysis (TA) bagi para trader saham IHSG, mencakup analisa sentimen (demand & supply), price action, trend harga, volume transaksi, pola grafik saham dan candlestick, indikator-indikator teknikal, serta strategi swing trading dan trend trading.

Analisa Teknikal atau TA banyak dipergunakan oleh para professional trader Wall Street untuk memprediksi dan mengantisipasi arah pergerakan harga saham, mata uang, komoditas, maupun berbagai produk-produk derivasinya, seperti options dan CFD.

MENJAWAB SAHAM APA YANG BOLEH DIBELI

TA didasari konsep umum bahwa harga berubah dipengaruhi murni oleh permintaan dan penawaran yang terjadi di bursa; bukan disebabkan aspek fundamental dari instrumen itu sendiri. Jika pokok persoalan pada Analisa Fundamental atau Fundamental  Analysis (FA) mencoba menjawab saham apa yang boleh dibeli, maka fokus TA adalah menjawab kapan saat yang tepat untuk membeli/menjual.

Teknikal Analisis
Price Action : Demand vs. Supply

Sering terjadi paradoks antara faktor fundamental dengan pergerakan harga sahamnya; saham diberitakan bagus ternyata malah turun dan harga tidak mendukung laporan keuangan atau berita baiknya; sebaliknya sering saham yang dianggap tidak memenuhi kriteria, malah naik dengan fantastis.

Pendekatan Teknikal tidak memasukkan faktor bias Fundamental namun fokus kepada interaksi Demand & Supply. Harga naik hanya disebabkan satu hal : Demand lebih kuat dari Supply, Sederhana sekali bukan? Tujuan terpenting seorang trader adalah profit dan bukan sekedar membeli saham bagus bukan?

Trend adalah sahabat kita

Belilah saham saat harganya naik dan juallah saat harganya turun ; YA Anda tidak salah membacanya, agak janggal memang namun inilah tehnik trending yang banyak dianut oleh trading system terbaik di dunia.

Prinsip Buy Low Sell High memang tidak salah, namun tidak bisa secara mentah diterapkan saat trading dan inilah kenapa banyak ‘Nyangkuters’ di bursa saham. Cari tahu alasan prinsip ‘OUT OF THE BOX’ ini dengan bergabung dalam workshop technical analysis kami.

Kenali Berbagai Pola Grafik Saham

Pola Grafik mempersatukan keseluruhan perspektif dari interaksi Demand & Supply dari pelaku pasarnya. Ini sesuai jargon “History Repeats itself” ; analisa pola ini membantu trader lebih gesit mengantisipasi perilaku pasar ke depannya, apakah akan bersifat Continuation atau Reversal.

Setiap batang Candlestick Bermakna

Dari sebuah candlestick, kita bisa membaca perilaku pasar dalam suatu rentang waktu tertentu dan inilah hal penting yang sering kami garis-bawahi di dalam Alpha workshop technical analysis. Analisa Candlestick ini termasuk seni yang sangat efektif dalam mengantisipasi, membuat trading plan dan menentukan setup entry & exit secara cepat dan terkendali.

Gunakan Indikator secara Efektif

Kunci dari penggunaan dari indikator teknikal adalah keseimbangan dan bukan dari kuantitasnya. Dari pengalaman yang ada, trading system terbaik bukanlah yang menggunakan indikator terbanyak namun menerapkan penggunaan yang sederhana namun tepat sasaran. Terlalu banyak indikator akan mengacaukan objektivitas analisa dari tradernya. Gunakan hanya yang Anda perlukan, di kondisi yang tepat pula!

Money Management

Hal terpenting berikutnya di dalam bisnis trading adalah bagaimana metode penataan modal kerja bisnis trading Anda. Banyak trader yang walau sering mengalami profit namun pada akhirnya portofolionya tidak kunjung bertumbuh, profit dalam hitungan tahunan sering hilang dalam sekejap.

Ingat kalau trading adalah sebuah bisnis yang berkaitan dengan probabilitas, bila penataan modal ini tidak diperbaiki maka portofolio akan sulit untuk bertumbuh secara konsisten

Teknikal Analisis

Dengan mengetahui timing yang tepat, maka:

  • Probabilitas keberhasilan trading dapat meningkat hingga 70%
  • Trader tidak perlu takut ‘nyangkut‘ saat akan membeli sebuah saham.
  • Tidak perlu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk membaca berita/news dan menganalisa laporan keuangan, sehingga trading tidak perlu lagi mengganggu bisnis utama.

Ikuti Workshop Alpha TA dan Tingkatkan Keakuratan Analisa Anda!